DOSEN UPS DILATIH MENDELEY

DOSEN UPS DILATIH MENDELEY

Tegal – UPT Inivasi dan Publikasi Ilmiah Universitas Pancasakti Tegal mengadakan pelatihan untuk dosen untuk mengelola dan membagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring melalui program mendeley kamis(18/10) lalu.

Program ini memudahkan dosen dalam melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber sehingga mudah dalam mengolahnya dalam penempatan di penulisan karya ilmiah yang dihasilkan. Selain itu, dalam kegiatan pelatihan tersebut diberikan cara mensitasi karya ilmiah dosen. Sitasi merupakan cara memberitahukan kepada pembaca bahwa bagian penulisan yang dipublikasikan merupakan hasil dari sumber yang ditulis oleh penulis lain.

Acara pelatiahan ini merupakan kerja sama antara UPT IPI UPS Tegal dengan Elsevier yang mengembangkan program mendeley yang berpusat di Belanda. Kegiatan yang diadakan di Aula Yayaysan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal ini dihadiri oleh sekitar lima puluh dosen tetap di lingkungan UPS Tegal.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Suyono, M.Pi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan yang dilakukan oleh UPT IPI UPS Tegal merupakan suatu keharusan dalam suasana iklim kademis seorang dosen. Dengan pelatihan ini diharapkan dosen dapat menulis karya ilmiah dengan baik dan berkontribusi dengan makin meningkatnya jumlah penulisan karya ilmiah di lingkungan UPS Tegal. Wakil rektor bidang akademik menyampaikan semoga hasil pelatihan ini akan berlanjut dan dapat menjadi peningkatan penulisan bagi dosen di UPS Tegal.

Dalam pelatiahan ini sebagai pembicara adalah kepala UPT IP UPS Tegal Arif Zainudin, S.Ip., M.A. sebagai pembicara tunggal. Arif menyampaikan tentang tahapan dalam penggunaan pogram mendeley, mulai pendaftaran di laman mendeley sampai dengan penggunaannya dalam penulisan karya ilmiah.

Secara terpisah Arif menyampaikan bahwa dengan program mandeley maka diharapkan hasil penulisan karya ilmiah dosen di lingkungan UPS Tegal dapat diterima pada jurnal yang berputasi baik nasional maupun internasional. Lebih lanjut Arif menyampaikan bahwa dengan program ini maka dapat menjunjung kejujuran intelektual/akademik dan mengurangi plegiarisme bagi peneliti.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.