UPS TEGAL DAN PEMKAB TEGAL GELAR TELLENT SCOUTING

  • Friday, Apr 06 2018

Universitas Pancasakti Tegal bekerjasama dengan Pemda Kab. Tegal mengadakan kegiatan seleksi kompetensi penelusuran kader potensil (Talent Scouting). Sebanyak 401 orang PNS mengikuti seleksi kompetensi penelusuran kader potensil (Tallent Scouting) untuk mengisi jabatan administrator dan jabatan pengawas di lingkungan Pemda Kab. Tegal. Pelaksanaan kegiatan seleksi kompetensi penelusuran kader potensil (Talent Scouting) akan dilaksanakan mulai 28 Maret – 12 Mei 2018 yang bertempat di kampus Universitas Pancasakti Tegal.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKD) Kabupaten Tegal, Edi Budiyanto, dalam pengarahan teknis seleksi kompetensi telent scouting yang diselenggarakan di Universitas Pancasakti Tegal menyampaikan bahwa ada beberapa instrument dalam seleksi kompetensi penelusuran kader potensil (Talent Scouting) yaitu ujian tertulis, pembuatan karya ilmiah dan wawancara. Sesuai dengan Perbup Tegal Nomor 75 Tahun 2017 tentang penelusuran kader potensil maka peserta yang dianggap lulus dalam tahapan ini adalah mereka yang mendapatkan nilai 76 atau lebih. Kemudian bagi mereka yang lulus akan dimasukan dalam pengelompokan kader potensial (Talent Poll).

Dari Telent Poll itulah sebagai bahan pertimbangan Bupati melalui Baperjakat untuk mutasi atau promosi jabatan. Beliau juga menjelaskan Telent Scouting ini bukan merupakan satu-satunya unsur dalam mutasi dan promosi jabatan. Dalam mutasi dan promosi jabatan juga mempertimbangkan unsure kepangkatan, disiplin, dedikasi, loyalitas, dan pretasi kerja.

Terkait dengan PNS yang menduduki jabatan Fungsional Rektor UPS Tegal menjelaskan bahwa mereka semua sudah terpetakan kompetensinya dengan sendirinya berdasarkan peraturan yang mengatur tentang jabatan fungsional. Mereka tidak harus mengikuti seleksi uji Tellent Scouting jika akan menduduki jabatan struktural administrator dan pengawas melihat kebutuhan organisasi dari prestasi dan kepangkatan meraka.

Sementara itu Pjs. Bupati Tegal dalam pengarahannya teknis pelaksanaan seleksi uji Tellent Scouting mengatakan bahwa mereka yang mengikuti kegiatan ini adalah orang-orang terpilih untuk menempati posisi tertentu. Pada kesempatan ini beliau pun memberikan apresiasi kepda UPS Tegal yang telah bersedia bekerja sama dengan Pemkab Tegal untuk menjadi Tim Assesor. Dirinya berpesan agar dalam penilaian uji kompetensi untuk mempertimbangkan karakter kepribadian sebagai poin utama dalam menilai peserta Telleny Scouting.

                                                                                                                                                                                                                                                                                             Teks & Pic By Istianah

Rate this item
(0 votes)
Published in Berita Kampus

Hot events