GELAR FGD LINTAS NEGARA UPS TEGAL SIAP EKSIS DI KANCAH INTERNASIONAL

  • Wednesday, Jul 18 2018

Semarang- Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang diformat dalam bentuk “roundtable discussion : on strategic partnership” yang diadakan di Hotel Gets Semarang (13/7). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari hasil kunjungan UPS Tegal beberapa waktu lalu dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri di Thailand. Pertemuan lanjutan ini merupakan pertemuan perumusan kerja sama tindak lanjut dengan empat perguruan tinggi dari Amerika Serikat (USA), Thailand, dan Malaysia.

 

Pertemuan yang diinisiasi oleh UPS Tegal ini turut mengundang beberapa perguruan tinggi dan asosiasi profesi dosen. Dalam pertemuan ini diHadiri oleh beberapa perguruan tinggi dalam negeri dari beberapa kota di Indonesia. Mereka yang hadir adalah Universitas Muhammadiyah Semarang, STIE AAS Surakarta, STIE Totalwin Semarang, dan STIE Semarang. Tiap perwakilan peserta dalam diskusi ini telah menyiapkan keunggulan dan kekhasan akademik masing-masing sebagai bahan penyelarasan kerja sama internasional.

Selain universitas dalam negeri UPS Tegal juga turut mengundang perguruan tinggi luar negeri sebagai partner kerja sama. Universitas luar negeri yang turut datang dalam pertemuan ini adalah Hatyai University Thailand, University of Mount Union USA, Lincoln University College Malaysia, dan Universiti Teknologi Petronas Malaysia.

Acara yang digelar selama satu hari ini menghasilkan beberapa kesepakatan kerja sama antara perguruan tinggi dalam negeri dan perguruan tinggi luar negeri. Adapun kesepakatan kerja sama yang telah disepakati dalam pertemuan tersebut adalah realisasi kerja sama yang berkaitan dengan pengiriman mahasiswa dalam program sit in (Student Exchange), transfer kredit semester, serta pelaksanaan program magang dan PPL (Praktik Pengalaman lapangan) yang akan difasilitasi oleh Hatyai University Thailand dan Lincoln University College Malaysia.

Perwakilan dari Hatyai University Thailand Asst Prof. Wittawat Didyasarin Sattarayak menyampaikan bahwa sangat menyambut baik hubungan kerja sama yang dilakukan, hal ini akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dan publikasi ilmiah antarnegara sehingga dia sangat mendukung kegiatan yang dilakukan. Senada dengan Asst Prof. Wittawat dari Thailand perwakilan delegasi dari Lincoln University College Malaysia Dr. Datuk Bibi dan delegasi dari University of Mount Union USA Peter L. Schneller, Ph.D. mengaku sangat senang dan mendukung kegiatan yang dilakukan ini.

Dalam kesempatan ini pula Kepala UPT Kerja sama dan Urusan Internasional (UPT KUI) UPS Tegal Dr. Dien Novianny Rahmatika menyampaikan bahwa dalam waktu dekat realisasi kerja sama dapat segera dilakukan. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan sit in yang akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Rencananya UPS Tegal akan mengirimkan perwakilan mahasiswa sebanyak dua orang untuk mengikuti perkuliahan dan kegiatan di Thailand selama satu bulan.

”Program ini diharapkan selain bermanfaat untuk menambah wawasan mahasiswa, namun juga kegiatan ini dapat menancapkan brand image UPS Tegal di kancah internasional”, Ungkapnya dalam sesi wawancara.

“Dengan menambah mitra kerja sama perguruan tinggi luar negeri seperti yang kami lakukan saat ini, diharapkan semakin terbuka peluang kampus kami untuk mampu goes international seperti perguruan tinggi di kota besar lainnya”, Tambahnya.

Sebelumnya upaya UPS Tegal dalam hubungan kerja sama internasional, UPT KUI UPS Tegal telah mengirimkan proposal transfer kredit yang ditujukan kepada Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti untuk memfasilitasi mahasiswa UPS Tegal mengenyam perkuliahan di perguruan tinggi luar negeri selama satu semester.

Rate this item
(0 votes)
Published in Berita Kampus

Hot events