LPPM UPS TEGAL LUNCURKAN SIMOPP

LPPM UPS TEGAL LUNCURKAN SIMOPP

Tegal- Lembaga Penelitian dan Pengbdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPS Tegal meluncurkan aplikasi penelitian bagi dosen di lingkungan UPS Tegal Selasa (27/11) lalu. Aplikasi yang diperuntukan untuk dosen tersebut di sebut SIMOPP (Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian). Aplikasi ini diluncurkan dalam bentuk sosialisasi kepada Ketua Program Studi di lingkungan UPS Tegal di ruang rapat lantai 2 UPS Tegal. Dengan sosialisasi ini diharapkan para Kaprodi dapat menyampaikan informasi ini kepada dosen dilingkungan prodi masing-masing. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah LPPM UPS Tegal dalam memanajeman penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen.

Dalam pembukaannya Kepala LPPM UPS Tegal Dr. Purwo Susongko, M.Pd. menyampaikan bahwa penelitian merupakan ruh dari akademik di lingkungan kampus sehingga diharapkan peningkatan penelitian dan pengabdian merupakan indikator peningkatan kualitas suatu lembaga pendidikan. Pendanaan penelitian dan pengabdian yang dilakukan tahun ini akan berjalan selama satu tahun anggaran. Tiap peneliti dapat mengunduh pedoman penelitian dan mengajukan penelitian dan pengabdian kepada masyrakat melalui aplikasi SIMOPP ini.

SIMOPP merupakan aplikasi untuk mewadahi penelitian dan pengabdian dosen yang akan diajukan ke LPPM UPS Tegal. Menurut Kepala Pusat Komputer (Puskom) Priyo menyampaikan dalam sosialisasi tersebut bahwa dosen dapat mengakses SIMOPP melalui akun surat elektronik (surel/email) yang sudah beridentitas upstegal.com. Dalam SIMOPP lanjut Priyo berisi berbagai fitur yang dapat diakses untuk mengunggah penelitian dan pengabdian yang diajukan ke LPPM. Sistem ini merupakan tiruan seperti sistem SIMLIBTABNAS yang di miliki oleh Dikti.

SIMOPP sendiri akan berisi konten informasi penting mengenai informasi dan perkembangan pengajuan penelitian dan pengabdian yang diajukan. Tiap dosen dan reviewer penelitian dan pengabdian akan memiliki akun masing-masing dan dapat berkomunikasi secara digital melalui aplikasi SIMOPP ini. Dengan demikian jejak dan notifikasi perkembangan penelitian dan pengabdian dapat ditelusuri.

Kelapa Bidang Penelitian LPPM UPS Tegal Irfan Santoso, S.T., M.T. menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi ini akan membuat  pengajuan penelitian dan pengabdian dapat lebih ketat. Tiap pengunggahan penelitian dan pengabdian akan dibuka dan ditutup sesuai dengan kebutuhan dan aturan. Lebih lanjut Irfan menyampaiakn SIMOPP akan mulai digunakan untuk pengajuan penelitian dan pengabdian pada tanggal 1 Desember 2018. Semua dosen harap mengajukan dan mengikuti perkembangan penelitian dan pengabdian melalui SIMOPP agar LPPM dapat menelusuri perkembangan penelian dan pengabdian yang diajukan. Irfan juga menyampaikan bahwa dengan aplikasi ini dosen yang akan mengajukan penelitian dan pengabdian akan bersaing secara kompetitif, maksudnya bahwa seluruh dosen dapat mengajukan penelitian dan pengabdian tanpa dibatasi dan bersaing secara terbuka.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.