PBI LATIH MAHASISWA BERPIKIR ILMIAH DENGAN WORSHOP PENEILITIAN

PBI LATIH MAHASISWA BERPIKIR ILMIAH DENGAN WORSHOP PENEILITIAN

Tegal- Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPS Tegal mengadakan kegiatan workshop penelitian pendidikan untuk mahasiswa semester tujuh yang akan menulis skripsi. Kegiatan yang berpusat di Ruang Aula YPP Tegal dilakukan pada hari Kamis (20/12) dengan menghadirkan pembicara dari luar UPS Tegal.

Kegiatan ini dilakukan atas dasar kebutuhan mahasiswa dalam membuat rancangan penelitian yang dapat diaplikasikan dalam penulisan skirpsi pada khsusunya dan dapat pula sebagai sarana pengembangan penelitian lain yang mendukung.

Dalam keterangannya Ketua Progragam Studi PBI FKIP UPS Tegal Martono, M.Pd. menyampaiakn bahwa mahasiswa perlu diberikan bekal dalam menulis sehingga hasil tulisan yang dihasilakan dapat berkualitas dan sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah. Tak lupa Martono menyampaiakn kepada mahasiswa untuk dapat menyerap ilmu yang diberikan dari narasumber yang luar biasa sehingga minimal mahasiswa dapat termotivasi untuk menulis penelitian.

Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 s.d 15.00 WIB ini memberikan banyak kesempatan mahasiwa PBI untuk dapat menggali dan meningkatkan minat dalam melakukan penelitian. Dalam kesempatan tersebut Program studi PBI mengambil tema “Innovations and New Direction for Undergraduate Students” diharapkan dengan tema tersebut mahasiswa PBI dapat memiliki inovasi dalam penelitian sehingga penelitian yang dihasilkan dapat kekinian sesuai dengan tema yang sedang in atau populer.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah pembicara utama adalah Junjun M. Ramdani, M.Pd. yang merupakan dosen PBI Universitas Siliwangi, Tasikmalaya Jawa Barat. Beliau merupakan pakar berbagai macam penelitian. Selain itu Junjun juga merupakan dosen berprestasi dengan predikat penerima beasiswa S3 Luar Negeri di Australia dari Kementrian Keuangan.

Dalam pemaparannya penelitian adalah sesuatu yang mudah hanya perlu ketelitian dalam penentuan topik dan pengamatan masalah yang “sexy” untuk membuat topik penelitian tersebut menarik. Masih dalam paparannya Junjun mencontohkan dengan mencontohkan bahwa semua orang yang berkumpul hari ini bisa dilakukan penelitian dengan menyebar angket kemudian angket dianalis untuk mendapatkan hasil penelitian kecil.

“Semudah itukan?” Timpalnya dalam pemaparannya

Sebagai informasi bahwa mahasiswa yang telah memasuki semester 7 ini sudah akan disibukkan dengan kegiatan penelitian dimulai dengan pengajuan proposal penelitian dan melaksanakan penelitian. Dengan pembekelan yang dilakukan oleh Progdi PBI maka diharapkan mahasiswa untuk lebih siap dan dapat lulus dengan tepat waktu.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.