PBINA ADAKAN KOBI SEBAGAI PELESTARIAN BAHASA INDONESIA

PBINA ADAKAN KOBI SEBAGAI PELESTARIAN BAHASA INDONESIA

Tegal- Himpunan Mahasiswa (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBIna) Universitas Pancasakti Tegal telah sukses mengadakan Kompetisi Bahasa Indonesia (KOBI) ke V dengan tema “peran generasi milenial dalam menghadapi era distruftif 4.0 melalui literasi bahasa Indonesia” di Auditorium UPS Tegal Jl Halmahera km 1 Kota Tegal Senin (25/2) lalu.

Dalam kegiatan tersebut HMPS Pbina UPS Tegal berhasil mendatangkan lima puuh sekolah tingkat SMA/MA/SMK/sederajat di Wilayah se Ekskarasidenan Pekalongan. Dengan banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan tersebut menandakan bahwa kegiatan KOBI ke V ini merupakan kegiatan yang cukup bergengsi dan mampu menarik minat sekolah untuk mengikuti kegitan KOBI ke V ini.

Untuk perlombaan yang diadakan dalam KOBI ke V ini antara lain adalah lomba baca puisi, lomba cerdas cermat, dan lomba pidato. Untuk lomba baca puisi diikuti oleh sekitar 30 peserta, sedangkan untuk lomba pidato diikuti oleh 25 peserta dan lomba cerdas cermat diikuti oleh 30 tim yang terdiri 3 orang tiap tim. Hasil dari kegiatan KOBI ke V ini diperebtkan juara 1, 2 dan 3 tiap perlombaan. Tipa pemenang akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

Hasil dari kegatan KOBI ke V adalah sebagai berikut, untuk lomba baca puisi juara 1 diraih oleh SMA N 2 Kota Tegal, juara 2 diraih oleh SMA N 1 Kota Tegal, dan juara ke 3 diraih oleh SMK N 1 Warureja. Pada lomba cerdas cermat juara pertama diraih oleh SMA N 2 Brebes, juara kedua diraih oleh SMA N 1 Kota Tegal, dan juara ketiga diraih oleh SMA N 2 Kota Tegal. Pada lomba ketiga yaitu lomba pidato setelah melalui praktik pidato SMA N 1 Kota Tegal keluar sebagai juara pertama, juara kedua diraih siswa dari MAN 1 Kota Tegal, dan juara ketiga diraih oleh SMK N 3 Kota Tegal.

Sebagai infromasi kegiatan KOBI yang diadakan oleh HMPS PBIna UPS Tegal merupakan agenda tahunan yang rutin diadakan tiap tahun. Kegiatan ini merupakan program kerja yang telah disusun oleh HMPS PBIna UPS Tegal dengan beberapa kegiatan lainnya. Sebelum kegiatan KOBI ke V tahun 2019 kali ini rangkaian kegiatan KOBI di awali dengan Festival Film Indi (FFI)  satu hari sebelum diadakan KOBI tahun 2019.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.