PESERTA KULIAH KERJA NYATA UPS TEGAL SIAP DI TERJUNKAN

PESERTA KULIAH KERJA NYATA UPS TEGAL SIAP DI TERJUNKAN

TEGAL – Universitas Pancasakti (UPS) Tegal melepas 1.273 mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Daya sakti dan alternatif tahun 2019 di lapangan depan Rektorat UPS Tegal, Sabtu (20/7).

KKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyrakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Tujuan pelaksanaan KKN UPS Tegal tahun 2019 adalah peningkatan partisipasi masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan hidup. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk belajar mengatasi permasalahan yang ada di tengah masyarakat secara pragmatis dengan pendekatan interdisipliner melalui pendelatan teori dan praktis.
Pelaksanaan kegiatan KKN akan berlangsung selama beberapa bulan di beberapa wilayah Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Brebes. Dalam upacara tersebut turut hadir seluruh mahasiswa KKN 2019, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan pejabat struktural di lingkungan UPS Tegal.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPS Tegal Irfan Santoso, M.T., melaporkan bahwa peserta KKN tahun 2019 adalah mahasiswa yang dinyatakan memenuhi syarat administratif dan akademik sebagai calon peserta KKN. Untuk tahun ini jumlah peserta sebanyak 1.270 mahasiswa dengam rincian KKN Daya sakti sejumlah 1.030 mahasiswa, KKN alternatif sebanyak 240 mahasiswa.
Masih dalam laporanya Ketua LPPM menyampaikan bahwa mahasiswa KKN tahun 2019 akan di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak 79 dosen yang tersebar di beberapa wilayah. Untuk tahun ini lokasi KKN akan berlokasi di empat wilayah meliputi Kota Tegal sebanyak 3 kecamatan dan 11 kelurahan. Kabupaten Tegal sebanyak 3 kecamatan dan 48 desa. Kabupaten Brebes sebanyak 4 kecamatan dan 42 desa. Wilayah terakhir adalah Kabupaten Pemalang sebanyak 4 kecamatan dan 22 desa.
Wakil Rektor I UPS Tegal Dr. Suyono, M.Pi dalam sambutannya menggantikan Rektor menyampaikan bahwa dengan KKN ini mahasiswa akan memberikan warna kepada masyarakat terutama di desa tempat KKN berlangsung. Selain itu mahasiswa dapat memberikan sumbangan positif bagi masyarakat dan pemerintah daerah di desa. Lebih lanjut Dr. Suyono menyampaikan bahwa misi mahasiswa selain KKN juga dapat mempromosikan lembaga UPS Tegal kepada masyarakat.

Selanjutnya mahasiswa KKN 2019 akan dilepas oleh pemerintah daerah tiap daerah dengan upacara resmi di pendopo Kota dan Kabupaten yang akan dilaksanakan serentak senin kemarin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.