PROGRAM PPG MULAI DISOSIALISASIKAN

PROGRAM PPG MULAI DISOSIALISASIKAN

Tegal- Prgram Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPS Tegal melakukan sosialisasi dan orientasi akademik peserta PPG dalam Jabatan Tahap I Jumat (25/1) di Ruang Aula YPP UPS Tegal. Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan program PPG dalam Jabatan tahap I tahun 2019 yang akan mulai dilaksanakan Senin mendatang. Rangkaian kegiatan program PPG ini merupakan kerja sama Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset  Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satu rangkaian kegiatan dalam program PPG tahap I tahun 2019 adalah penyelenggara harus melaksanakan sosialisasi kepada peserta.

Adapun peserta sosialisasi dan orientasi PPG Tahan I ini adalah guru bahasa Inggris yang berjumlah 30 orang. Peserta PPG Tahap I ini diikuti oleh guru yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Wilayah Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Pekalongan. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Rektor UPS Tegal, Ketua Program Studi PPG dan pejabat Struktural dilingkungan FKIP dan UPS Tegal.

Dalam sambutannya Ketua Program Studi PPG Dr. Titi Kusrina, M.Pd. menyampaikan bahwa UPS perlu berbangga diri sebagai salah satu pelaksana program PPG tahun 2019 ini. Hal ini dikarenakan bahwa tahun 2019 ini ada lima perguruan Tinggi tambahan di Indonesia yang menyelenggarakan Program PPG, yaitu UPS Tegal, Universitas Muhamadiyah Pare-Pare, Universitas Nahdatul Ulama Surabaya, Universitas Papua, dan Universitas PGRI Madiun sehingga total pelaksana PPG di seluruh Indonesia berjumlah 52 Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta.

Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dalam sambutannya sekaligus membuka acara berpesan kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan selalu menjaga kesehatan selama mengikuti program PPG dalam Jabatan Tahap I ini karena kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga. Lebih lanjut Rektor UPS menyampaikan bahwa UPS Tegal sudah pernah melaksanakan program yang mirip dengan PPG yaitu PLPG yang pernah dilaksanakan di UPS Tegal. Dari seluruh penyelenggara Perguruan Tinggi di Jawa Tengah hanya 7 PTS yang memiliki izin untuk melaksanakan PPG salah satunya adalah UPS Tegal. Lebih lanjut Dr. Burhan menyampaikan bahwa sistem pembelajaran PPG dalam Jabatan tahap I ini menggunakan sistem pembelajaran blanded learning, yaitu pembelajran dengan menggunakan sistem campuran yang meliputi pembelajaran bersemuka (bertatap muka) daring (online), dan digabung dengan praktik pengalaman lapangan.

Tidak lupa Dr. Burhan berharap agar peserta yang mengikuti PPG dalam jabatan Tahap I yang berjumlah 30 orang nanti juga lulus bersama sejumlah 30 orang, serta berharap setelah mendapatkan tunjangan profesi supaya bijak dalam penggunaannya.

Peserta PPG dalam jabatan tahap I akan menjalani pembelajaran di UPS Tegal selama 4 bulan yang dimulai hari Senin besok. Peserta PPG dalam jabatan tahap I akan melakukan beberapa tahapan kegiatan yang dimulai dengan pembelajaran daring selama 6 minggu yang dimulai tanggal 21 Januari s.d 28 Februari 2019. Laporan diri yang akan dilaksanakan mulai tanggal 4 – 5 Maret 2019 kemudian peserta PPG dalan jabatan tahap I akan mengikuti kegiatan workshop, UKM PPG, dan pembekalan PPL di bulan April. Tahapan akhir peserta PPG dalam jabatan Tahap I akan melaksanakan PPL dan ujian di bulan Mei sampai dinyatakan lulus PPG dalam jabatan tahap I tahun 2019.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.