SK PRODI PPG DISERAHKAN LLDIKTI

SK PRODI PPG DISERAHKAN LLDIKTI

Tegal – Universitas pancasakti Tegal (UPS) memastikan menambah satu program studi baru. Program studi baru tersebut adalha Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Kepastian UPS Tegal dalam membuka Prodi PPG adalah dengan diserahkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Nomor 156/KPT/1/2018 tetang Izin Pembukaan Prodi PPG di UPS Tegal oleh Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr DYP. Sugiharto, M.Pd. Kons. Di MKU Fakultas Hukum, kemarin (27/12). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan di Wilayah Karasidenan Pekalongan, Pejabat Struktural di lingkungan UPS Tegal, dan dosen di ingkungan UPS Tegal.

Dalam acara tersebut SK Kemenristekdikti dibacakan terlebih dahulu oleh Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI Hendratadi Sulistiawan, S.H sebelum diserahkan kepada pihak UPS Tegal. Penyerahan dilakukan secara seremonial oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd. Kons kepada Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. didampingi oleh Ketua YPP Dr. Imawn Sugiarto, S.H., M.H.

Pada acara tersebut Kepala LLDIKTI menyampaikan pesan untuk dapat menjalankan amanah yang diberikan Kemenristekdikti dalam melaksanakan Program PPG ini. Selain itu dalam kesempatan tersebut pula Rektor UPS Tegal membaca Surat Pernyataan Kesangaggupan (Pakta Integritas) dihadapan tamu undangan.

Dengan diserahkannya SK Kemenristedikti ini maka UPS Tegal mulai tahun ajaran baru dapat menerima mahasiswa pada Program Studi PPG tahun 2019. Dalam sambutannya Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. menyampaikan bahwa SK yang diterima oleh UPS adalah amanat dan tantangan bagi kami dalam melaksanakan program PPG ini. Lebih lanjut Dr. Burhan menyampaikan bahwa PPG merupakan program yang mempersiapkan jenanjang S1 Kependidikan yang memiliki minat dan bakat menjadi guru sehingga dihasilkan guru yang memiliki kompetensi yang baik. Kompetensi ini meliputi dalam perencanaan pembelajaran, melakukan evaluasi kependidikan, dan mampu melaksanakan penelitian.

“Kami siap melaksanakan amanat tersebut karena kami sudah mempersiapkan sumber daya manusia dan sarana prasana yang diperlukan dalam program PPG ini”, penutup Rektor UPS Tegal dalam sambutannya.

Acara kemudian berlanjut dengan pembinaan dari Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd. Kons. Untuk seluruh tamu undangan dan dosen di lingkungan UPS Tegal. Beliau menyampaikan perlunya strategi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 diperlukan strategi yang matang dang efisien untuk meningkatkan kualitas UPS Tegal. Umum UPS Tegal yang sudah dewasa jangan menjadi kelengahan sehingga terbuai karena menurut Prof. DYP Sugiharto banyak PTS baru yang mulai menyalip secara kualitas PTS yang sudah lama.

Dalam keteranggay pula Prof. DYP. Sugiharto menyampaikan bahwa UPS Tegal harus berbangga dengan diberikannya amanah ini (izin PPG) karena ini dapat meningatkan dayasaing dan kualitas bagi UPS Tegal. Lebih lanjut Beliau mnyampaikan bahwa program PPG ini baru dimiliki oleh 7 PTS, salah satunya UPS Tegal dari sekitar 257 PTS di Jawa Tengah. maka dengan adanya tantangan ini UPS Tegal perlu persiapan dalam eningkatan SDM dan strategi peningkatan kualitas untuk menuju perbaikan mutu UPS Tegal.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.