TINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR DENGAN METODE KREATIFITAS

TINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR DENGAN METODE KREATIFITAS

Belajar merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pelajar, baik siswa ataupun mahasiswa agar dapat memahami dan mengerti pelajaran yang telah disampaikan oleh guru ataupun dosen. Namun motode penyampaian yang monoton pada saat proses mengajar dapat mengakibatkan rasa bosan dan malas bagi para pelajar dan bahkan dapat menurunkan semangat dalam mengikuti proses bbelajar mengajar, hal ini tentunya dibutuhkan sebuah solusi untuk dapat mengatasi hal tersebut.

Progdi PBSID (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) UPS Tegal mengadakan kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di Auditorium UPS Tegal bertemakan “kreatifitasku untukmu” yakni sebuah motode pembelajaran yang dikonsep dengan permainan yang seru dan menarik, dimana para mahasiswa menggunakan peralatan yang dibuatnya dengan bahan kertas dan aneka bahan lainya sebagai media pembelajaranya. Senin (10/12)

Rasa senang dan banggapun dirasakan oleh Meydi Adi Saputra selaku ketua pelaksana kegiatan ini, harapan yang begitu besar dengan adanya kegiatan ini progdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat berkembang maju lagi dengan berbagai media pembelajaran yang kreatif dan menarik untuk kedepannya.

Kegiatan ini berlangsung dari 08:00 hingga sore hari, yang kemudian dilanjutkan pementasan dari semester 5 di malam harinya. Dalam kegiatan nin di hadiri semua mahasiswa PBSID sebanyak 75 orang.” Kegiatan ini sebenarnya sabagai prasyarat mata kuliah Media Pembelajaran, jadi setiap mahasiswa PBSID semester 3 wajib menjadi peserta dan membuat media pembelajaran se-kreatif mungkin, nanti di setiap akhir acara ada penilaian mahasiswa dengan media pembelajaran terbaik berdasarkan aspek edukatif, teknik dan estetika”. tutur Meydi

Antusias dan semangat dari para mahasiswa yang begitu besar untuk dapat mengikuti kegiatan ini, banyak sekali aneka metode pembelajaran yang dikonsep oleh setiap mahasiswanya, salah satunya dari Larasaji Narindri Arumda sebagai peserta, membuat media pembelajaran dengan tema “Monopoli Pohon Pintar”.“Mungkin siswa bosan dengan cara belajar metode ceramah, Kita buat pembelajaran seperti bermain monopoli, cara bermainnya adalah Permulaan membuang dadu bergirilan, Permainan dimulai petak START. Setelah itu biji pemain dijalankan bergirilan sesuai dengan angka dadu kepetak-petak menurut arah panah. Dimana pemain terhenti pada gambar yang sudah di tentukan, pemain dapat mengambil kartu yang sudah di siapkan berisikan petunjuk diarahkan ke miniatur ranting pohon yang berisikan materi Mapel Bahasa Indonesia” ujar larasaji

1 Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.