UPS TEGAL ADAKAN PELATIHAN PEKERTI  2019

UPS TEGAL ADAKAN PELATIHAN PEKERTI 2019

Tegal- Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan Pelatihan Pekerti peningkatan keterampilan dasar teknik instruksional bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah di ruang Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal. kegiatan pelatihan pekerti ini dilaksanan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) UPS Tegal yang merupakan program kerja tahun 2019. Dalam kesempatan tersebut turut diudang dan hadir pejabat struktural YPP Tegal dan di lingkungan UPS Tegal. Peserta pelatihan kali ini berjumlah 35 peserta yang merupakan dosen baru yang berasal dari dalam UPS Tegal dan beberapa perguruan tinggi di wilayah Kota Tegal dan sekitarnya.

Dalam laporannya Ketua pelaksana Pelatihan Pekerti tahun 2019 M. Fajar Sidiq, S.T., M.Eng. menyampaikan bahwa pengembangan kompetensi dosen harus terus menerus dibina dan dikembangkan sehingga dosen mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti hasil evaluasi pembelajaran. Lebih lanjut Fajar Sidiq menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan pekerti maka dosen diharapkan mampu memahami  pengembangan kurikulum perguruan tinggi, membuat perencanaan (silabus, SAP, dan RPP), melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenenangkan serta mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran. Jalam laporannya Fajar Sidiq menyampaikan jumlah peserta sebanyak 35 peserta dengan rincian dari beberapa perguruan tinggi di wilayah Tega dan sekitarnya seperti UPS Tegal, Poltek Trisila Dharma, Politeknik Baja Tegal, Politeknik Keselamatan Transportasi jalan Tegal, Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal, STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi, dan Politeknik Muhamadiyah Tegal.

Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum dalam sambutannya menyampaiakn ucapan selamat datang untuk para peserta dan ucapan terima  kasih kepada LLDIKTI Wilayah VI yang telah melakukan pendampingan dalam pelatihan pekerti tahun 2019 di UPS Tegal. Dr. Burhan menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pekerti untuk peningkatan keterampilan dasr teknik instruksional tahun 2019 merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh LP3 UPS Tegal. Lebih lanjut dr. Burhan menyampaikan harapan agar dosen-dosen muda dapat meningkatkan keterampilan dasar instruksional agar dapat menghasilkan dosen berkualitas.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah dalam sambutannya Prof Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd.,Kons. menyampaikan bahwa lisensi bagi dosen adalah dengan sertifikat Pelatiahn Pekerti dan AA. Dengan sertifikat ini maka seorang dosen baru sah dkatakan dosen yang sebenarnya. Lebih lanjut Prof. DYP menyampaiakn bahwa dosen merupakan garda terdepan dalam peningkatan mutu perguruan tinggi indikatornya adalah mutu lulusan berkaitan dengan mutu dosen sehingga aktornya adalah mutu dosen dipergurun tinggi tesebut. Dalam penutupnya Prof. DYP dosen merupakan bidang kerja yang menyenangkan dan mambuat kita selalu berpikir dan dinamis.

“Mari kita awali pekerti ini dengan bersyukur dan bangga menjadi seorang dosen,” ucap Prof DYP sebelum membuka pelatihan Pekerti tahun 2019.

Sebagai informasi kegiatan Pelatihan Pekerti ini dilakukan selama lima hari dari tanggal 18 s.d 22 Februari 2019 dengan beberpa materi yang meliputi dasar-dasar komunikasi edukatif, garis besar program pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, teori belajar, pembelajaran orang dewasa, dan penilaian hasil belajar. Dalam kesempatan ini fasilitator/pengajar berasal dari beberapa Universitas dan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah yang terdiri atas Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd., Kons., Prof. Dr. Sunandar, M.Pd., Dr. Katharina Rustipa, M.Pd., Dr. Benny Diah Madusari, M.Pi, Dr. Sunardi, S.S., M.Pd., dan Dr. Lamijan, S.H., M.Si.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.