UPS TEGAL LEPAS 457 WISUDAWAN

UPS TEGAL LEPAS 457 WISUDAWAN

Usia 39  tahun bagi Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, pada 1 Maret lalu, bukanlah usia muda bagi sebuah perguruan tinggi. Di sisi lain, perguruan tinggi itu, sejak kali bertama dibuka hingga kini, telah mewisuda sebanyak 18.261 orang mahasiswa.

Sebuah jumlah yang tak sedikit, untuk sebuah perguruan tinggi yang mampu melahirkan Ahli Madya (D3), Sarjana Strata 1 (S1) dan Sarjana Strata 2 (S2) atau Magister . Apalagi jumlah program studi dan fakultasnya juga terus berkembang, sesuai tuntutan dan kebutuhan masyarakat dan bangsa di era globalisasi sekarang.

Hari ini (Sabtu 23/3), perguruan tinggi yang berkampus pusat di Jl Halmahera Km 1 Kota Tegal, menggelar ”Sidang Terbuka Senat Universitas”, di Auditorium Darjoen Senoatmodjo. Gedung auditorium dua lantai itu, dengan area parkir cukup luas, mampu menampung wisudawan dan keluarganya, serta tamu undangan, hingga lebih dari 2.000 orang.

Sidang dipimpin dan dibuka Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum, dengan agenda acara Wisuda S2 ke-6 dan Wisuda S1 ke-61. Jumlah wisudawan periode pertama di tahun ini sebanyak 454 orang.

Dengan perincian sebanyak 16 orang berasal dari program studi Magister atau S2, dan 438 dari S1. Lebih tepatnya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 22 orangt, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (10), Fakultas Teknik (49), Fakultas Hukum (111), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (110), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (136) dan dari Program Pascasarjana atau Magister 16 orang.

”Hal paling menarik, dari jumlah wisudawan sebanyak ini, 31 orang atau 6,8 persen mampu lulus dengan predikat Cumlaude,” terang Dr Burhan Eko Purwanto MHum.
Lulusan dengan indeks prestasi (IP) tertinggi adalah 3,90 yang diraih Muhammad Bayu Firmansyah dari Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum.

Banyak Terobosan

Rektor yang bakal menyampaikan sambutan bertajuk ”Penguatan Literasi dan Wawasan Global Menuju Universitas yang Unggul di Era Industri 4.0”, juga mengungkapkan sejumlah terobosan yang dilakukan perguruan tingginya bersama Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), demi meraih tujuan seperti yang tertuang dalam tema sambutannya.
Salah satu terobosan yang dilakukan, peningkatan fasilitas ruang kuliah, laboratorium maupun sarana praktikum.

Juga sejumlah kerjasama dengan perguruan tinggi ternama di tanah air dan luar negeri. Khusus kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri atau atau asing, cukup dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa.

Karena para mahasiswa berprestasi mendapatkan pengalaman berkuliah di sejumlah perguruan tinggi asing. Diharapkan pengaaman seperti itu, menjadikan nilai lebih lulusan perguruan tingginya untuk bekal penting menapaki persaingan keras dan ketat, setelah memperoleh gelar sarjana. Bahkan sejumlah prestasi yang diraih mahasiswanya diajang lokal, provinsi hingga nasional pun bakal dibeberkan.

Terobosan lainnya adalah, dengan pembukaan sejumlah program studi. Antara lain, membuka Program Pendidikan Profesi  Guru (PPG) Dalam Jabatan dengan telah diterimanya izin pembukaan prodi itu melalui  Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Nomor 156/KPT/1/2018
Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr Imawan Sugiharto SH MH mengungkapkan, perguruan tinggi yang dikelolanya berencana membuka Fakultas Kedokteran dengan Prodi S1 Kedokteran Umum dan S1 Profesi Dokter.

Juga rencana membuka prodi baru S1 Ilmu Komputer/Informatika, Program Magister Pedagogi, Program Magister Bahasa, dan masih banyak lagi untuk membuka prodi lainnya. ”Izinnya sedang kami urus. Untuk lahan dan biayanya sudah ada,” tandas Dr Imawan Sugiharto SH MH.

Menurut dia, semua prodi dan fakultas yang ada di perguruan tingginya, ada karena sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Apalagi persaingan mencetak tenaga ahli maupun sarjana yang sesuai pasar kerja kian tinggi.

”Kami pun menindaklanjuti dengan memberikan kemampuan lebih atau ketrampilan khusus yang bisa membantu lulusan UPS Tegal dalam persaingan kerja maupun menciptakan lapangan kerja sendiri,” ucap dia.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.