UPS TEGAL MOU DENGAN RSUD KARDINAH UNTUK PENDIRIAN  PENDIDIKAN PROFESI DOKTER

UPS TEGAL MOU DENGAN RSUD KARDINAH UNTUK PENDIRIAN PENDIDIKAN PROFESI DOKTER

Tegal- Universitas Pancasakti Tegal makin menambah eksistensi dengan berencana mendirikan Program Studi S1 Pendidikan Profesi Dokter. Sebagai universitas terbesar di wilayah Pantura Barat UPS Tegal merupakan unversitas dengan berbagai bidang studi yang berjumlah 22 program studi. Dengan melihat perkembangan yang ada UPS Tegal berusaha mengikuti perubahan akan kebutuhan masyarakat mengenai terbentuknya salah satu program studi pendidikan profesi dokter.

Dalam sambutannya Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. menyampaikan bahwa cita-cita UPS Tegal untuk mendirikan program studi S1 pendidikan profesi dokter. Dr. Burhan jug menyampaikan bahwa pemetaan dan pengkajian pendirian Program Studi S1 Kedokteran telah dilakukan secara internal. Hasilnya adalah setelah melihat kajian tim pengembang maka pendidiran Prodi S1 Kedokteran cukup strategis dan UPS Tegal memiliki peluang yang baik dalam pendirian Prodi S1 Kedokteran. Lebih lanjut Dr. Burhan menyampaiakn hasil kajian dan kunjungan studi  banding bahwa peluang calon mahasiswa sangat potensial karena tiap universitas masih tidak mampu menampung calon mahasiswa kedokteran.

Dalam kesempatan tersebut sebagai salah satu syarat pendirian Prodi S1 Pendidikan Profesi Dokter maka UPS Tegal harus menggandeng beberapa pihak. Salah satu pihak yang harus dimiliki adalah mitra rumah sakit yang telah berstatus rumah sakit pendidikan. RSUD Kardiah Kota Tegal merupakan salah satu rumah sakit yang telah berpredikat rumah sakit pendidikan. Oleh karena itu, Kamis (19/2) UPS Tegal melakukan penandatangan Nota Kesepahaman Kerja sama (MoU) dengan RSUD Kardinah Kota Tegal sebagai salah satu syarat dalam melakukan pendirian Prodi S1 Pendidikan Profesi Dokter.

Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan YPP Tegal, Pejabat Rektorat UPS Tegal dan seluruh pejabat struktural di lingkungan UPS Tegal serta Tim dari RSUD kardinah Kota Tegal. Dr. Imawan Sugihrto, S.H., M.H. memberikan penjelasan mengenai cita-cita UPS Tegal untuk dapat mendirikan Prodi Kedokteran. YPP Tegal telah menyiapkan sarana dan prasaran yang mendukung untuk dapat mewujudkan pendirian Prodi S1 Profesi Kedokteran di UPS Tegal. Lebih lanjut disampaikan bahwa YPP Tegal telah menyiapkan tanah dan bangunan yang berada di Jl. Perintis Kemerdekaan yang telahdalam proses pembangunan ruang perkuliahan dan laboratorium.

Kerja sama yang dilakukan antara UPS Tegal dengan RSUD Kardinah Kota Tegal meliputi penyiapan sarana dan prasarana da penyiapan SDM yang akan terlibat dalam pendirian Prodi S1 Pendidikan Profesi Dokter. Kedua belah pihak bersepakat untuk membentuk Komite koordinasi pendidikan (Komkordik) dengan tugas dan fungsi merumuskn kebijakan pelaksanaan pendidikan di rumah sakit, merumuskan evaluasi dan pelaopran pelaksanaan pendidikan di rumah sakit, merencanakan SDM, merencanakan sistem penerimaan dan daya tampung peserta didik,  merencanakan perencanaan sistem evaluasi, dan menyususn perencanaan anggaran belanja sesuai dengan kebutuhan.

Pada kesempatan yang sama Plt. Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal Dokter Heri Susanto, S.pA. sngat menyambut baik kerja sama yang dilakukan. Hal ini juga sejalan dengan keinginan RSUD Kardinah Kota Tegal untuk mengembangkan dan meningkatkan kerja sama di wilayah Kota Tegal. UPS Tegal merupakan mitra yang sangat dekat secara kewilayahan sehingga RSUD Kardinah Kota Tegal sangat ingin membantu terbentuknya Prodi S1 Pendidikan Profesi Dokter di Kota Tegal. Dokter Heri juga menyampaikan bahwa RSUD Kardinah telah menjadi mitra dari beberapa Prodi S1 Pendidikan Dokter dan RSUD Kardinah telah mendapatkan akreditasi rumah sakit Tipe B untuk rumah sakit pendidikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.