UPS TEGAL PERSIAPKAN APT 2019

UPS TEGAL PERSIAPKAN APT 2019

Tegal- Universitas Pancasakti Tegal melakukan koordinasi dan rekonsiliasi Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) sebagai salah satu bentuk koordinasi dalam rangka peningkatan nilai APT UPS Tegal Kamis (14/2) lalu. UPS Tegal telah mendapatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai B pada tahun 2015. Kegiatan yang dilakukan di Aula YPP Tegal menghadirkan pimpinan YPP Tegal, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Program Studi, dan pejabat struktural di lingkungan

Dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Suyono, M.Pi dalam sambutannya menyampaikan bahwa APT diperlukan sebagai salah satu syarat bahwa mutu universitas baik. UPS Tegal perlu mempersiapkan APT 2019 ini dengan persiapan yang matang. Merurut Dr. Suyono perubahan aturan dan pemakaian sembilan standar menjadikan APT 2019 memerlukan singkronisasi data antar pogram studi di lingkungan UPS Tegal.

Ketua Tim Penyusun APT 2019 Dr. Irwan Hamzani,S.Hi. M.H. membeberkan data penyusunan APT yang telah disusun. Dalam kegiatan tersebut Dr. Irwan Hamzani menyampaikan bahwa perlunya komitmen bersama dalam penyusunan APT 2019. Kekurangan data dan kelengkapan data diperlukan sebelum pengunggahan borang perlu dilengkapi sehingga nilai maksimal di tiap standar dapat diperoleh dengan nilai maksimal. Dr. Irwan juga menyampaiakn APT tahun 2019 ini berbeda dengan AIPT sebelumnya. Letak perbedaannya adalah penyusunan APT 2019 sekarang BAN-PT melakukan singkroni data dari berbagai komponen seperti PDDIKTI, Sinta, Sister, dan Sapto sehingga sulit untuk melakukan manipulasi data karena semuanya telah singkron. Namun Dr. Irwan menyampaikan bahwa tetap optimis untuk mendapatkan nilai maksimal dalam penyusunan APT tahun 2019 sehingga koordinasi ini diperlukan untuk menjadi komitmen bersama semua unsur.

Hal senada disampaikan oleh Ketua YPP Tegal Dr. Imawan Sugiharto, M.H dalam tanggapannya bahwa YPP Tegal mendukung penuh dari berbagai sisi seperti pendanaan dan penyediaan sarana dan prasarana untuk kepentingan APT 2019. Harapan ketua YPP Tegal agar dapat memeroleh nilai lebih baik dari pada AIPT 2015. Namun dengan adanya perubahan dari tujuh standar ke sembilan standar membuat terdapat kesulitan dalam penusunan APT 2019, Ketua YPP Tegal berharap peningkatan nilai APT dapat dilakukan sesuai dengan kekuatan yang dimiliki oleh UPS Tegal.

Kordinasi yang dilakukan ini merupakan bentuk pemaparan hasil dari penyusunan borang APT 2019 yang telah dilakukan oleh Tim Penyusun APT 2019 beserta dengan LPMU UPS Tegal. Borang APT yeng telah disusun diharapkan oleh Tim Penyusun APT 2019 dapat memberikan singkronisasi data pada borang akreditasi program studi yang sedang disusun di tiap prodi. Hal ii perlu dilakukan agar terjadi satu persepsi yang sama dalam menyusun dan membuat borang akreditasi dengan standar yang sama karena borang APT akan disingkronisasi degan borang akreditasi di tiap prodi yang telah diajukan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.