UPS TEGAL UPS TEGAL ADAKAN WORKSHOP MENULIS UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI GLOBAL

UPS TEGAL UPS TEGAL ADAKAN WORKSHOP MENULIS UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI GLOBAL

Tegal- menulis karya ilmiah merupakan bagian dari Tridharma perguruan tinggi bagi dosen dan sivitas akdemika. Sebagai bahan pemenuhan jumlah kuantitas dan kualitas publikasi karya ilmiah dosen di lingkungan UPS Tegal UPT Kerja sama Dalam Negeri dan Luar Negeri (KDLN) UPS Tegal mengadakan workshop penulisan karya ilmiah untuk menembus jurnal bereputasi internasional.  Workshop menulis karya ilmiah ini di adakan di ruang Aula YPP Tegal Jumat (28/12) lalu. Tema workshop penulisan kali ini adalah “Strategi Menembus Jurnl Berputasi Internasional dan Kiat Meraih Guru Besar”. Tema ini diaggap dapat membantu dosen di lingkungan UPS Tegal untuk dapat meningkatkan kualitas penulisan dan publikasi internasional sehingga banyak dosen di UPS Tegal yang bergelar doktor dapat meraih guru besar. Turut hadir dalam kegiatan ini Pengurus YPP Tegal, rektor, Wakil Rektor, pejabat struktural, dan dosen di lingkungan UPS Tegal.

Dalam laporannya Kepala UPT KDLN Dr. Dien Noviani Rahmatika, S.E., M.M menyampaikan bahwa UPS Tegal pernah menduduki peringkat 60an PTN dan PTS di Indonesia namun karna ada perubahan sehingga UPS Tegal perlu meningkatkan peringkat UPS Tegal melalui peningkatan publikasi ilmiah dan penambahan guru besar. Kegiatan ini menurut Dr. Dien merupakan kegiatan yang sangat baik dengan menghadirkan pembicara yang memiliki pengalaman dan expert dalam bidang publikasi ilmiah. Dalam keterangan yang disampaikan Dr. Dien menambahkan bahwa Prof. Anton Satria Prabuwono, Ph.D memiliki buku yng beredar sejumlah 7, kemudian book chapters sejumlah 19 buah, journal internasional 77 buah, prosiding 88 buah, dan keynote/invited speaker 50 kali.

Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pembicara yang mau menyempatkan diri datang ke UPS Tegal. Beliau begitu sibuk sehingga sehingga Dr. Burhan menyampaikan kepada peserta workshop untk dapat menyerap ilmu yang akan disampaikan.

Dalam kegiatan ini pembicara utama adalah Prof. Anton Satria Prabuwono, Ph.D merupakan Pofesor dari Fakultas Komputer dan Teknologi Informasi Universitas King Abdulaziz Saudi Arabia.  Dalam kurikucum vitae disebutkan bahwa Beliau merupakan peraih penghargaan penulis dan peneliti Universitas Teknikal Malaysia Malaka (UTeM),  merupakan peraih medali Malaysia Technology Expo, serta menulis berbagai buku, jurnal maupun proseding bertaraf internasional.

Dalam paparannya Prof. Anton memberikan berbagai materi terkait dengan tatacara penulisan karya ilmiah agar menembus jurnal yang bereputasi Internasional. Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula oleh Prof. Anton bagaimana untuk dapat mengakses dan dapat menulis di beberapa jurnal bereputasi internasional. Prof. Anton hany berpesan agar selalu menulis karya ilmiah sehingga memiliki sitasi yang tinggi, hal ini akan berakibat pada peningkatan kualitas dan pengakuan kepakaran yang dimiliki oleh dosen.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.