YPP TEGAL ADAKAN BINTEK LAPORAN KEUANGAN  UNTUK PENGGUNA ANGGARAN

YPP TEGAL ADAKAN BINTEK LAPORAN KEUANGAN UNTUK PENGGUNA ANGGARAN

Tegal- laporan keuangn yang baik merupakan salah satu indikator perkembangan sebuah institusi yang baik. Laporan keungan yang tertaur dan baik menjadikan suatu institusi dikatakan sehat. Sebagai bentuk tanggung jawab YPP Tegal dalam melakukan pembinaan kepada UPS Tegal maka YPP Tegal melakukan kegiatan Bintek laporan keuangan bagi pengguna anggaran di lingkungan UPS Tegal Jumat (15/2) lalu. Kegiatan bintek ini akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 15 – 16 Februari 2019 di Aula YPP Tegal Jl Halmahera km 1 Kota Tegal. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari para pengguna anggaran yang meliputi pimpinan Fakultas, Pimpinan UPT, Pimpinan Biro, dan staf keuangan di lingkungan UPS Tegal.

Dalam sambutannya sekretaris YPP Tegal Dr. Taufiqullah, M.Pd. menyampaikan bahwa pentingnya laporan keuangan yang dibuat di tiap unit. Dengan telah disahkannya Statuta 1, 2, 3, 4, dan 5 maka diperlukan aplikasi terhadap statusta yang telah dibuat oleh YPP Tegal. Statuta nomor 4 merupakan statuta yang berkaitan dengan keuangan di dalamnya terdapat aturan dan skema pengaturan keuangan yang harus dilakukan di unit masing-masing. Dr. Taufiqullah juga menyampaiakn dengan Bintek ini maka diharapka tiap unit dapat membuat pelaporan keungan yang baik dan tertib.

Bintek laporan keuangan ini akan diisi oleh dua orang auditor yang melakukan analisis laporan keuangan di tingkat universitas dan YPP Tegal. Pemateri pertama adalah Yanti Puji Astutie, M.Si. Akt. A.C yang merupakan tim auditor internal dari LPMU UPS Tegal. Pemateri kedua adalah Mulyadi, M.M. Akt yang merupakan tim auditor keuangan dari YPP Tegal. Materi yang akan disampaikan dalam bintek ini adalah bagaimana sistem penganggaran, pencatatan, dan pelaporan keuangan. Untuk kegiatan hari pertama seluruh pimpinan pengguna anggaran dihadirkan agar menyiapkan personil dan mengetahui alur pelaporan anggaran yang digunakan.

Selain unsur pimpinan pengguna anggaran bintek ini juga menghadirkan staf yang mengurusi bagia keuangan di tiap unit. Dengan pendampingan ini diharapkan alur pelaporan keuangan di tiap pengguna anggaran dapat tertib dan terkontrol. Dengan laporan keuangan yang tertib dan baik, ini akan berdampak baik dengan bentuk laporan yang dibuat dan dihasilkan universitas.

Menurut Yanti laporan keuangan yang baik pada tataran unit akan berdampak pada laporan keuangan yang baik di tingkat universita karena yang membuat laporan keuangan adalah pengguna anggaran. Yanti juga menambahkan bahwa diperlukan pemisahan staf keuangan antara pencatat laporan dan pemegang keuangan agar mudah dikontrol.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.