home / beasiswa
Beasiswa
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980. Semula bernama Universitas Pancasila Tegal dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Beasiswa Mahasiswa Baru
Pada Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2021/2022, Universitas Pancasakti Tegal memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui seleksi program beasiswa sesuai dengan ketentuan. Program beasiswa yang ditawarkan meliputi: Beasiswa Hafiz Al-Quran 15 juz dan 30 juz; Beasiswa Duafa; Beasiswa Atlet & Juara Seni; serta Beasiswa Unggulan.
Beasiswa Hafiz Al-Qur'an
Beasiswa Hafiz Al-Qur'an adalah beasiswa yang disediakan oleh Universitas Pancasakti Tegal yang diberikan khusus bagi para Hafizd dan Hafizdoh yang ingin melanjutkan studi di Perguruan Tinggi, khususnya di Universitas Pancasakti Tegal.

Beasiswa ini diberikan sebagai bentuk kepedulian kami kepada para penghafal Al-Qur'an yang telah melestarikan dan menjaga Al-Quran.
Beasiswa Dhuafa
Beasiswa Duafa ditujukan bagi calon mahasiswa berprestasi dengan kemampuan akademik tinggi, serta membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Komponen beasiswa yang diberikan meliputi bebas biaya studi (maksimal sampai 8 semester) dan bebas dana catur darma.

Pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat tahun 2021 .  Bagi pendaftar yang dinyatakan memperoleh Beasiswa Duafa akan dikenai evaluasi prestasi setiap semester (setelah mulai aktif kuliah sebagai mahasiswa ) dan beasiswa ini dapat dicabut apabila mahasiswa tersebut tidak menunjukkan prestasi yang disyaratkan sebagai penerima beasiswa.


Beasiswa Atlet dan Juara Seni
Beasiswa Atlet & Juara Seni disediakan bagi calon mahasiswa dengan prestasi olahraga atau seni yang sesuai dengan ketentuan berlaku. Komponen beasiswa yang diberikan meliputi bebas biaya studi (maksimal sampai 8 semester) .

Beasiswa ini diberikan khusus bagi calon – calon mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang seni dan olah raga minimal tingkat kota atau kabupaten hingga tingkat internasional. Makin tinggi prestasinya maka akan semakin besar tunjangannya.

Beasiswa Unggulan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menawarkan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi bagi masyarakat Indonesia. Program ini merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister dan Doktoral. Para peserta yang dapat mengikuti program ini adalah calon mahasiswa (mahasiswa baru) yang sudah mendapatkan surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang baru melaksanakan perkuliahan di semester 1 dan belum mendapatkan KHS atau mahasiswa on-going yang sudah memulai perkuliahan maksimal semester 3 (semua jenjang) atau masuk perkuliahan pada tahun 2020.
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi diberikan kepada masyarakat yang: 

• berprestasi tingkat internasional dan/atau nasional

• berkontribusi kepada daya saing bangsa disegala bidang

Salah satu persyaratan Beasiswa Unggulan adalah telah diterima pada Program Studi dan Perguruan Tinggi minimal akreditasi B. 
Beasiswa Mahasiswa Asing (Intenational Program)
Berikut adalah 3 beasiswa untuk warga asing yang menjadi instrumen diplomasi soft power Indonesia:
1. Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) 
Beasiswa KNB yang juga dikenal dengan brand internasional Developing Countries Partnership Scholarship (DCPS) dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan merupakan satu-satunya program beasiswa gelar yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.
2. Beasiswa Darmasiswa
Beasiswa Darmasiswa merupakan program beasiswa tertua yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Program beasiswa ini telah berjalan sejak tahun 1974 dan dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Awalnya Beasiswa Darmasiswa hanya ditujukan untuk negara-negara ASEAN, namun mulai 1976 beasiswa ini juga ditawarkan ke seluruh negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. 

3. Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI)
BSBI, atau juga dikenal dengan brand internasional Indonesian Arts and Culture Scholarship (IACS), merupakan program beasiswa non-gelar yang dibentuk atas dasar komitmen Pemerintah Indonesia pada forum South West Pacific Dialogue di tahun 2003. Pada awalnya, BSBI hanya diberikan kepada para pemuda dari 6 negara anggota SWPD, yaitu Australia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, Filipina dan Indonesia sendiri. 

Beasiswa Pemimpin Global Masa Depan 2021
Kesempatan emas bagi siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Saat ini, beasiswa Cargill Global Scholars 2022 kembali dibuka bagi mahasiswa S1 dalam negeri. Beasiswa ini memberikan tunjangan kuliah lumayan besar mencapai Rp35 juta. 

Program Cargill Global Scholars akan memberikan bantuan dana kuliah beserta kesempatan bagi penerima beasiswa untuk mengembangkan skill kepemimpinan melalui seminar dan presentasi studi kasus yang difasilitasi oleh Cargill selama dua tahun. .
Beasiswa ini bertujuan untuk membangun jaringan global para pemimpin masa depan yang akan berkontribusi dalam memajukan bisnis, pertanian, dan ketahanan pangan. Alumni program ini juga akan membantu penerima beasiswa agar tetap saling berkomunikasi setelah program ini berakhir.


Beasiswa KNB di Universitas Pancasakti Tegal
Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (Developing Countries Partnership / KNB) adalah bantuan keuangan yang ditawarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada siswa Internasional dari negara-negara berkembang untuk mengejar gelar Sarjana, Master, dan ​Doktoral di Universitas di Indonesia. Untuk tahun 2022 ada 891​​ program yang ditawarkan, di 23 Universitas terbaik di Indonesia.

Beasiswa ini pertama kali diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1992. Beasiswa ini awalnya melayani rencana strategis Kementerian dalam upaya pengembangan pendidikan yang lebih tinggi untuk dapat merangkul Globalisasi pendidikan yang lebih baik dengan memberikan bantuan keuangan (beasiswa) ke Universitas di Indonesia yang terpilih untuk merekrut calon mahasiswa Internasional dalam mendapatkan gelar pendidikan tinggi mereka di Universitas di Indonesia. Menyadari kontribusi program yang signifikan terhadap pengembangan sumber daya manusia di negara-negara berkembang yang berbatasan dengan Indonesia, pemerintah Indonesia memutuskan untuk memperluas cakupan program dan menambah jumlah beasiswa yang ditawarkan. Sejak 2008, Indonesia telah memberikan 1290 beasiswa kepada siswa yang datang dari 94 negara berkembang di seluruh dunia.

Persyaratan:

Agar dapat menerima beasiswa KNB untuk Program Sarjana, pelamar harus:

  1. Tidak lebih dari 25 tahun;
  2. Memegang ijazah SMA (lampirkan ijazah dan transkrip nilai dalam bahasa Inggris);
  3. Memiliki skor TOEFL (atau Kemahiran Bahasa Inggris tersertifikasi lainnya) IBT (80), IELTS (6.0), TOEIC (700) (termasuk pelamar dari negara-negara berbahasa Inggris);
  4. Surat Rekomendasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia;*
  5. Surat Rekomendasi dari tempat bekerja (jika sudah bekerja);
  6. Surat Rekomendasi Akademik dari institusi pendidikan tempat mengemban pendidikan terakhir;
  7. Melampirkan paspor;
  8. Melengkapi formulir aplikasi online. 
Beasiswa Mitra
Mitra Sumber Beasiswa Eksternal
Dalam rangka membantu dan memfasilitasi setiap mahasiswa yang memiliki prestasi dan mahasiswa yang kurang mampu maka Un iversitas Pancasakti Tegal Juga menyediakan berbagai jenis beasiswa yang dapat diakses oleh setiap mahasiswa yang memenuhi persyarata. 

Beasiswa tersebut datang baik dari internal Kampus maupun dari luar kampus, diantaranya :
1. Beasiswa KIP Kuliah
2. Beasiswa Bidik Misi Kabupaten Brebes
3. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
4. Beasiswa Hafiz Qur'an
5. Beasiswa Transfer Kredit
6.  Beasiswa YPP Tegal
7. Beasiswa Prestasi Nasional/Internasional
8.  Beasiswa  Bank Indonesia
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved