Berita Pengabdian
Apikasikan Ilmu “Mahasiswa UPS Tegal Bantu PEMDA Batang Lewat Program KKN 2022”
Tuesday, 19 July 2022
Bahtiar/humproupstegal.ac.id
Humpro UPS – Senin, 18 juli 2022, bertempat di Pendopo Kabupaten Batang, Penerjunan mahasiswa KKN UPS Tahun 2022 dilaksanakan . Universitas Pancasakti Tegal menerjunkan peserta kkn sejumlah 162 mhs untuk 2 kecamatan yakni kecamatan Tulis dan kecamatan Kandeman terdiri dari 23 desa yang dengan didamping 11 Dosen Pembimbing Lapangan. KKN UPS Tahun 2022 ini akan dilaksanakan sejak 18 Juli s/d 12 September.

Dr.Ahmad Hanfan, MM selaku Wakil Rektor III menyerahkan secara resmi peserta KKN kepada pemerintah Kabupaten Batang serta mengucapkan terima kasih kepada PJS Bupati Kabupaten Batang yang telah berkenan mengijinkan mahasiswa Universita Pancasakti  Tegal untuk ber-KKN di wilayah Kabupaten Brebes, serta berpesan agar semua mahasiswa dapat menjalankan program – program KKN dengan sebaik – baiknya dan menjaga nama baik almamater di tengah - tengah masyarakat.

Sementara itu dari fihak PEMDA Kab. Batang yang disampaikan langsung oleh PJS Bupati Kabupaten Batang bapak Ari Yudianto, SH menyampaikan menerima peserta KKN UPS 2022 dengan sangat gembira, dan berharap seluruh peserta KKN dapat mengaktualkan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah di tengah – tengah masyarakat sesuai dengan disiplin ilmunya masing – masing untuk membantu pemerintah daerah kabupaten batang dalam rangka mensukseskan program peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

KKN sebagai program intrakurikuler yang merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki tujuan utama yaitu untuk membina calon sarjana sebagai penerus pembangunan yang menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat, sedangkan secara khusus tujuan KKN adalah :
a. Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat
b. Menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah
c. Mendekatkan UPS Tegal dengan masyarakat
d. Membantu Pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat.
e. Mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu dan antar lembaga.

Tema KKN UPS Tegal Tahun 2022 di Kabupaten Batang yaitu “Pengembangan Potensi Desa Menuju Desa Mandiri dan Sejahtera” 
dengan muatan tambahan yang mengarah lima (5) pilar yaitu Pilar Lingkungan, Pilar Kesehatan, Pilar Ekonomi, Pilar Pendidikan, dan Pilar Berkepribadian Pancasila, yang diharapkan tiap kelompok mahasiswa dapat menerapkan ke lima pilar tersebut.

KKN dilaksanakan oleh mahasiswa lintas program studi, sehingga dalam menyelesaikan masalah di lokasi KKN mereka berlatih mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu, dan juga kerjasama dengan lembaga-lembaga yang terkait

KKN juga bertujuan membantu Pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu, kami berharap, OPD dapat membantu KKN ini dengan mensinergikan Program OPD yang relevan dengan Program Mahasiswa KKN. 

Pelaksanaan KKN tahun 2022 sama seperti tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya mahasiswa bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan membuat sebuah produk-produk yang bisa diimplementasikan di masyarakat. Kegiatan KKN tahun 2022 ini adalah bersifat offline dimana output dari kegiatan KKN ini adalah kelompok mahasiswa KKN bisa memberikan sebuah produk yang berhubungan dengan 5 pilar diatas serta bisa didistribusikan di masyarakat//Bahtiar /Humproupstegal

Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved