Berita Terbaru
Kripik Duri ikan hingga alat de-salinasi air menjadi program unggulan KKN kecamatan Losari Brebes
Saturday, 27 August 2022
humas univ

KKN atau kuliah kerja Nyata menjadi Kegiataan Wajib bagi para mahasiswa semester 6 Universitas Pancasakti Tegal.

Mahasiswa yang sedang melakukan KKN diharapkan dapat memberikan perubahan besar bagi  masyarakat sekitar. Tak heran jika kegiatan KKN menjadi ajang adu kreatifitas  antar mahasiswa.

Kegiatan KKN ini menempa mahasiswa untuk lebih peka dengan kondisi masyarakat sekitar. Beberapa program KKN yang cukup menarik perhatian menjadi program unggulan adalah produksi kripik yang terbuat dari duri/tulang ikan. Duri ikan yang dipilih dalam program unggulan kali ini adalah duri ikan bandeng.Program ini diusung oleh kelompok KKN desa Pengabean kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

Salah satu alasan Pemilihan duri ikan bandeng untuk diolah menjadi kripik, dikarenakan desa pangabean adalah salah satu desa pengelolaan ikan bandeng  yang selama ini duri/ tulangnya tidak manfaatkan dengan baik.
 Para mahasiswa melihat peluang ini bisa dijadikan komoditas kuliner baru di wilayah Brebes dan sekitarnya. Ide Kreatifitas seperti ini diapresiasi baik oleh Rektor Universitas Pancasakti Tegal Dr Taufiqullah M.Hum. Pria berkacamata ini berharap agar produk kripik tulang ikan bandeng mampu bersaing di pasaran dalam skala nasional maupun internasional.

Sementara dalam kesempatan yang sama kordinator wilayah KKN kab Brebes Ninik Hartanti S.Si M.Si , meminta agar pengemasan produk tersebut terus dikawal sampai dengan pemasarannya.

Kretaifitas lainnya yang tidak kalah menarik muncul dari kelompok KKN desa Parkpag Kidul. Kelompok KKN ini berencana membuat alat de-salinasi air untuk mengubah air asin menjadi air tawar. Hal ini dianggap penting karena letak wilayah desa Prakpag kidul yang tidak jauh dari bibir laut pantai utara.

Selain 2 program unggulan diatas, masing-masing desa juga mempunyai program unggulan lainnya seperti produksi puding sawo, puding jagung , dan pengelolahan limbah sampah untuk dijadikan produk-produk kreatifitas lainnya.

Di tahun 2022 ini terdapat 10 desa diwilayah kecamatan losari kabupaten Brebes yg menjadi lokasi mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat

Agenda Terbaru
16
Dec
PANCASAKTI OPEN 2024
Saturday, 16 December 2023
25
Oct
Pendaftaran PPG Prajabatan
Wednesday, 25 October 2023
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2024 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved