Berita Terbaru
Rektor & Direktur Pascasarja UPS serukan Penguatan Literasi Digital Menuju Era Smart Society 5.0 Kepada Mahasiswa Baru UPS
Tuesday, 20 September 2022
humas univ
Senin 20 September 2022, Pengukuhan Mahasiswa baru Universitas Pancasakti Tegal dilaksanakan secara offline di Auditorium Daryoen Sumoatmodjo Universitas Pancasakti Tegal. Kegiatan ini di kukuhkan secara resmi oleh Rektor Universitas Pancasakti Tegal Dr Taufiqulloh M.Hum di hadapan SENAT Universitas Pancasakti Tegal. Kegiatan ini di lengkapi dengan orasi ilmiah oleh Direktur Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal Prof. Dr. Siti Hartinah DS.MM. Kegiatan ini di mulai pukul 6.30- 11.00 di ikuti oleh 1661 mahasiswa baru.
Dalam sambutanya Rektor Universitas Pancasakti tegal Dr Taufiqulloh M.Hum menyampaikan tentang pentingnya Penguatan Literasi Digital Menuju Era Smart Society 5.0. Kita sebagai generasi baru harus melek digital, sekarang generasi digital, contohnya teman2 mahasiswa daftar perguruan tinggi cukup pake smart phone , perkuliahan pake sistem dan semua itu adalah  The Power Of  Digitalitation (kekuatan digitalisasi). Tranformasi teknologi dari tahun ke tahun, mulai Revolusi Industri 4.0, Era Society 4.0, 4G Technology. Era Revolusi Industri i di temukanya mesin Uap, listrik, komputer dll. Sekarang sudah Era Society 4.0 kita mengenal shopee, toko pedia, gojek dll
Rektor menyampaikan tentang pentingnya  Digital Literacy /melek digital. Ada tiga point Digital Literasi. Pertama, Teknologi  artinya kita tidak hanya mampu menggunakan teknologi saja, tapi menggunakan teknologi secara bijak. Kemudian Informasi artinya kita tidak hanya mengakses informasi tapi juga menganalisis informasi. mengambil informasi. Selanjutnya Komunikasi, artinya kita harus bijak dalam menyikapi, bagaimana menggunakan, membuat konten dan bagaimana menyikapi konten. Sedangkan Smart Society Era 5.0 dimana ada 4 point. Point yang pertama Knowledge (pengetahuan kita) , Skill (ketrampilan kita), Atittude (karakter kita) yang terakhir adalah Value. Beliau juga mengenalkan dunia maya 10- 5 tahun ke depan yaitu dunia metaverse.
Sementara itu Ketua Yayasan Dr. Imawan Sugiharto SH.MH yang dalam hal ini di wakili oleh Sekertaris Yayasan Dr. Ir.Suyono M.Si menyampaikan Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Universitas Pancasakti Tegal  berkomitmen terus-menerus untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan pelayanan pendidikan berkualitas yang relevan dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan dunia kerja. Berbagai prestasi akademik dan non akademik yang menopang hal tersebut telah ditorehkan Universitas Pancasakti Tegal baik untuk skala regional, nasional maupun internasional. Untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada Rektor beserta segenap jajarannya yang telah bekerja kersa dan cerdas untuk memajukan Universitas Pancasakti Tegal.
Sebagai Badan Penyelenggara dan Pengelola Universitas Pancasakti Tegal, maka Yayasan Pendidikan Pancasakti senantiasa meningkatkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pelayanan baik di bidang Sumber Daya Manusia, pengelolaan keuangan, maupun penyediaan sarana-prasarana. Hal tersebut sesuai dengan Visi Yayasan Pendidikan Pancasakti, yakni : Menjadi Badan Pengelola pendidikan dan pengembangan yang kuat, bermartabat, dan berwawasan global pada tahun 2037”.
Melalui orasi ilmiahnya Direktur Pasca Sarjana  Prof. Dr. Siti Hartinah, DS.MM juga menyampaikan terkait Penguatan Literasi Digital Bagi Mahasiswa Baru Menuju Era  Super Smart Society 5,0. Bagaimana Implementasi dari Organisasi Masyarakat 5.0  mulai dari Cyberspace (Dunia Maya) dan Physical Space (Dunia Nyata)  yaitu merupakan perencanaan Ekonomi untuk Mengintegrasikan seluruh aspek masyarakat dengan teknologi yang hadir di Industri 4.0.
Di era Digital Volatile sangat cepat, uncertain sulit di prediksi, complek semakin rumit, ambigious multi tafsir dan kemunculan teknologi baru yang mengakibatkan perubahan luar biasa di semua disiplin ilmu, ekonomi dan industry serta perubahan peta kopetisi lulusan perguruan tinggi. Lulusan Perguruan tinggi harus renponsif teerhadap perubahan jaman, jika tidak akan tergilas di era disrupsi smart society 5.0
 Literasi lama: Fokus membaca, menulis dan berhitung, sedangkan Literasi Baru : Literaasi Data, Literasi Teknologi dan Literasi Manusia. Dan untuk Literasi Baru di Era super smart society 5.0: Literasi Data, Literasi Teknologi, dan Literasi Manusia di tambah dengan Cyber Space dan Physical Space.

Agenda Terbaru
26
Sep
Lapor Diri PPG Prajabatan UPS Tegal
Monday, 26 September 2022
21
Sep
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved