Berita Terbaru
Rektor UPS dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah Resmikan Unit Usaha Kopi
Tuesday, 18 October 2022
humas univ
 Selasa 18 Oktober 2022 bertempat di Koperasi Al Amanah Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes diselenggarakan acara peresmian Unit Usaha Kopi dan drying station oleh rektor UPS Dr. Taufiqulloh, M.Hum dan Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah  Bapak Bima Kartika, S.H., M.M. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Kehutanan Tegal, Muspida Kecamatan Sirampog dan anggota koperasi yang merupakan petani dan pemroses kopi. Unit Usaha Kopi ini merupakan output dari program pengabdian kepada masyarakat yaitu Inkubator Koperasi yang diinisisasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah dengan menunjuk Universitas Pancasakti Tegal sebagai inkubator dan koperasi Al Amanah sebagai tenant.
Koperasi Al Amanah yang beroperasi lebih dari 15 tahun selama ini hanya memiliki unit usaha simpan pinjam. Dengan diresmikannya unit usaha kopi ini menunjukkan bahwa Koperasi Al Amanah telah melakukan diversifikasi usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan koperasi dan anggota. Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah menyatakan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan fungsi dan memodernisasi koperasi sebagai badan usaha. Sementara rektor UPS menyampaikan sambutan baik pihak civitas akademika dalam kegiatan Inkubator Koperasi sebagai wujud nyata peran dan kehadiran kampus di tengah masyarakat.
Lebih lanjut ketua program Inkubator Koperasi Yanti Puji Astutie, S.E., M.Si., CMA menyampaikan bahwa program ini telah berlangsung selama 9 bulan dimulai bulan Februari lalu. Kegiatan yang telah dilakukan diantaranya adalah workshop dalam berbagai bidang kompetensi seperti: laporan keuangan dan perajakan koperasi, pelatihan perawatan tanaman kopi, pelatihan pemrosesan hasil panen kopi, standarisasi produk, bahkan sampai membawa para petani untuk mengikuti studi banding ke Temanggung selama 5 hari. Harapannya, animo masyarakat Sirampog untuk menanam kopi ini akan meningkat karena selain memperoleh keuntungan ekonomis, dengan menanam kopi diantara tanaman pinus dan cemara di lahan milik Perhutani secara tidak langsung petani berkontribusi dalam menjaga ekosistem hutan dan tanah pegunungan sehingga mengurangi kelongsoran tanah dan ancaman banjir. 

Agenda Terbaru
16
Dec
PANCASAKTI OPEN 2024
Saturday, 16 December 2023
25
Oct
Pendaftaran PPG Prajabatan
Wednesday, 25 October 2023
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2024 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved