Berita Terbaru
SENSASIONAL AND PROFESIONAL UPS TEGAL GELAR WISUDA PERIODE GENAP TA. 2021/2022
Sunday, 25 September 2022
Bahtiar Ali Syaripudin
Ada pemandangan yang berbeda di Auditorium Daryoen Senoatmojo Universitas Pancasakti Tegal pada Sabtu – Minggu  24, 25 /09/2022, Universitas Pancasakti Tegal menggelar wisuda secara tatap muka. ratusan mahasiswa bersiap melakukan Prosesi akademik terakhirnya sebagai mahasiswa. 
Meski harus dibagi menjadi dua sesi, acara ini disambut antusias mahasiswa dan keluarganya yang mengikuti prosesi ini.

Sebanyak 841 mahasiswa secara resmi diwisuda, mulai dari Program Pasca Sarjana, dan program Strata 1 dan Diploma III dan di gelar dalam 2 sesion.
Untuk sesion 1 acara digelar pada hari Sabtu, 24 September dan dimulai tepat pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, diikuti oleh Pasca sarjana, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Jenjang D3 dengan jumlah total wisudawan 413 wisudawan. 

Sementara pada session  2 dilaksanakan pada Minggu 25 September 2022  dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai dan akan dikiuti oleh FKIP, FH, dan FISIP dengan jumlah total wisudawan  sebanyak 412 wisudawan. Dari total wisudawan 841 yang bias ikut hadir sejumlah 825 wisudawan.
untuk wisudawan terbaik dengan nilai IPK tertinggi pada masing – masing fakultas diraih oleh Daniel Sunyoto Prodi Manajemen S2 dengan IPK 4.00, Haryani Prodi PSP dari FPIK dengan IPK 3,61, Vindy Fransisca Pujiati dari Prodi Manajemen FEB dengan IPK 3,83, Adelita Yulianti dari Prodi  Manajement Perpajakan FEB  (D3) IPK 3, 88, Nur Afni Fajriah Prodi Ilmu Hukum FH IPK 3,85, Ajeng Artiningrum Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP IPK 3,86, Ahmad Husain Prodi PBI FKIP IPK 3,76.

Diundang pada prosesi wisuda kali ini, diantaranya Walikota Tegal, Bupati Brebes, Bupati Pekalongan, Bupati Pemalang, Komandan LANAL Tegal, Ka. PN Kota Tegal, Rektor Bhamada, Rektor Universitas Gunung Jati Cirebon, Direktur Harber, Rektor UMS Brebes, Polres – Polresta, Ka. APTISI, LL DIKTI VI yang diwakili  Analis Pelaksana Akademik dan Kemahasiswaan Muhammad Muhsin, S.Kom, Kepala Dianas pendidikan 4 kota/kabupaten, Jajaran Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), Jajaran Rektorat, dan Para Dekan  di Lingkungan Kampus serta keluarga dari wisudawan.

Dalam sambutannya, Rektor UPS Tegal Dr. Taufiqulloh, M.,Hum menyampaikan congratulations, selamat kepada para wisudawan. Kepada orang tua wisudawan diucapkan terimakasih atas kepercayaannya menitipkan putra putrinya kuliah di UPS Tegal.

Rektor UPS Dr. Taufiqulloh, M.Hum juga mengatakan, Di era kemajuan teknologi saat ini, komunikasi dan informasi dapat tersampaikan secara cepat dan mudah. Pemanfaatan teknologi yang baik nyatanya mampu membantu perkembangan bidang-bidang penting dalam kehidupan masyarakat. Pandemi Covid-19 telah memberikan hikmah salah satunya adalah percepatan penggunaan teknologi digital, khususnya di dunia pendidikan. 
Dosen dan mahasiswa menjadi terbiasa menggunakan fasilitas digital untuk mentransformasi data dan informasi yang perlu diakses. Penguasaan literasi digital dalam Konteks pembelajaran juga dapat mengefisienkan, memudahkan, dan menguatkan proses dan hasil pendidikan.
Makna kata ‘literasi’ sendiri saat ini tidak hanya terbatas sebagai kemampuan manusia dalam membaca dan menulis, namun juga harus dipahami sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi yang didapatkan dari berbagai sumber. Sementara literasi digital sering kita anggap sebagai kecakapan menggunakan internet dan media digital. 

Padahal literasi digital adalah sebuah konsep dan praktik yang bukan sekadar menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi. Lebih dari itu, literasi digital menekankan pada kecakapan pengguna media digital dalam melakukan proses mediasi media digital yang dilakukan secara produktif.

Saat ini, tidak hanya dosen dan mahasiswa, namun para lulusan perguruan tinggi dituntut untuk memiliki pemahaman dan penguatan literasi digital. Dosen, mahasiswa dan para lulusan dituntut untuk menumbuhkan 4 area kompetensi literasi digital, yakni menumbuhkan digital skill, digital ethic, digital cultural, dan digital safety. 

Sejalan dengan visi Universitas Pancasakti Tegal yakni “MENJADI UNIVERSITAS UNGGUL DI BIDANG LITERASI YANG BERWAWASAN GLOBAL PADA TAHUN 2028”, tema wisuda pada hari ini yakni “Penguatan Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal Yang Berdaya Saing Global”. 
Sementara itu, sambutan Ketua YPP Dr. H. Imawan Sugiharto, SH.MH menyampaikan acara wisuda kali ini sangat berbeda dari sebelumnya. Dirinyapun mengucap terimakasih kepada ketua panitia yang sudah mengemas acara menjadi "keren".

 Dikatakan Ketua YPP, pihknya mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan. Dirinyapun meminta kepada lulusannya untuk selalu menjunjung tinggi almamater.

Lebih lanjut dikatakannya, Untuk menghadapi persaingan yang sangat kompetitif bagi segenap mahasiswa, alumni dan dosen, maka kami Yayasan Pendidikan Pancasakti terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada Univeristas Pancasakti Tegal termasuk dosen dan mahsiswanya melalui peningkatan pengelolaan SDM, keuangan, maupun penyediaan sarana-prasarana yang memadai. Hal tersebut sesuai dengan Visi Yayasan Pendidikan Pancasakti, yakni : “Menjadi Badan Pengelola pendidikan dan pengembangan yang kuat, bermartabat, dan berwawasan global pada tahun 2037”. //Bahtiar/Humpro

Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved