Berita Pengabdian
TIM KKN PPM UPS TEGAL DESA BELUK , BELIK, PEMALANG MMBUATAN MESIN PEMISAH SERAT DAUN NANAS GUNA PEMANFAATAN LIMBAH DAUN NANAS
Tuesday, 30 August 2022
humas univ
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal – adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal dan beralamat di Jl. Halmahera Km. 1 Kota Tegal, Jawa Tengah – 52122. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan selama kurun waktu 2 bulan yang terbagi ke dalam 6 wilayah yakni Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang. Kegiatan KKN merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan perguruan tinggi sebagai upaya menerapkan ilmu yang diperoleh, dan menerapkan hasil-hasil penelitian di bidang IPTEK untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Bentuk KKN Universitas Pancasakti Tegal ada 3, diantaranya yakni KKN Reguler, KKN Tematik, dan KKN Internasional. Kami merupakan salah satu tim KKN Tematik Universitas Pancasakti Tegal yang berada di Desa Beluk Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang yang
PEMALANG – Desa Beluk, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang merupakan salah satu daerah yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai sentral usaha terutama di sektor pertanian dan perkebunan dengan penghasil nanas madu terbesar. Dengan melihat potensi tersebut mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pancasakti Tegal melakukan inovasi dalam pembuatan mesin pemisah serat daun nanas dengan pemanfaatan limbah daun nanas menjadi serat. Mesin pemisah serat daun nanas ini bertujuan untuk menefisiensi proses produksi serat daun nanas. Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pancasakti Tegal Tim beranggota 10 mahasiswa yang terdiri dari 4 mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer; 3 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; dan 3 mahasiswa dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Pembuatan mesin pemisah serat daun nanas, di latar belakangi oleh kurangnya efisiensi waktu dalam proses produksi pemanfaatan limbah daun nanas menjadi serat di salah satu UMKM yang berada di Desa Beluk Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang yang masih menggunakan cara tradisional yakni dengan menggunakan ciri (piring kecil) dalam proses produksinya, sehingga untuk menghasilkan serat dalam jumlah banyak membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan tenaga dalam melakukan proses produksi serat daun nanas tersebut. Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan kami membuat inovasi mesin pemisah serat daun nanas guna mempercepat proses produksi serat daun nanas. Bagian dari daun nanas yang kami manfaatkan adalah serat daun nanas, dimana serat daun nanas dikenal memiliki tekstur yang halus dan berkualitas tinggi sehingga cocok digunakan untuk membuat pakaian, kerajinan, dan lain sebagainya. Mesin pemisah serat daun nanas ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan membantu mempercepat proses produksi limbah daun nanas menjadi serat daun nanas.
Dalam proses pemilihan daun nanas yang akan dimanfaatkan sebagai penghasil serat adalah daun nanas yang sudah berbuah atau yang sudah tua. Karena daun nanas yang sudah berbuah atau yang sudah tua itu merupakan salah satu limbah daun nanas yang sudah tidak digunakan lagi dan tentunya memiliki kandungan serat yang banyak sehingga dalam pengambilan daun nanas tersebut harus dengan ketelitian dan kesabaran dalam melaksanakan proses produksinya. Proses produksi serat daun nanas ini tidak hanya selesai sampai disini, melainkan setelah pengambilan serat daun nanas, kemudian serat tersebut dikeringkan, disambung agar menjadi sebuah benang yang nantinya digulung dan menjadi produk serat yang siap dipasarkan sebagai produk yang bernilai ekonomis.
Proses pembuatan mesin pemisah serat daun nanas sendiri dimulai dari tahap perencanaan,  perancangan desain mesin menggunakan software dari mulai part per part seperti besi siku, pully, belt, motor listrik, mur dan baut hingga proses assembling dan ke tahap simulasi 3D, yang kemudian dilanjutkan ke tahap pembuatan rangka mesin pemisah serat daun nanas dari mulai pemotongan bahan hingga pengelasan menggunakan las listrik untuk bagian rangka, kemudian proses pengecoran dinding bilah pisau dengan ukuran dan campuran bahan tertentu, dilanjutkan dengan proses perakitan mesin penyesuaian sampai dengan penyetelan pully dan belt, terakhir adalah proses finishing dilakukan setelah proses uji coba dilakukan.
Melalui program kegiatan ini memberikan semangat baru bagi anggota UMKM Desa Beluk agar dapat memproduksi serat daun nanas dengan waktu yang efisien serta dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar. Program yang telah dilaksanakan ini juga mendapatkan respon positif dari kepala desa dan masyarakat Desa Beluk. Dengan adanya kegiatan ini, limbah daun nanas yang ada di lingkungan masyarakat menjadi berkurang dan dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis untuk masyarakat Desa Beluk Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.
 

Agenda Terbaru
16
Dec
PANCASAKTI OPEN 2024
Saturday, 16 December 2023
25
Oct
Pendaftaran PPG Prajabatan
Wednesday, 25 October 2023
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2024 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved