home / international / mobility
Internasional
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980. Semula bernama Universitas Pancasila Tegal dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Perlu Bantuan? Hubungi Kami
Untuk mendapatkan informasi dan layanan KUI, silakan menghubungi:

Kantor Urusan Internasional / Office of International Affairs (OCIA) Universitas Pancasakti Tegal
Gedung Rektorat (Lantai 1), Kampus UPS
Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kota Tegal, Jawa Tengah
Email: ocia@upstegal.ac.id Telepon: (0283) 351082
Kantor Urusan Internasional
Untuk memperkuat internasionalisasi UPS dan secara aktif terlibat dalam berbagai komunitas dan kegiatan berskala global, UPS mendirikan Kantor Urusan Internasional (KUI) atau juga disebut Office of International Affairs (OCIA).

KUI memiliki peran sebagai berikut:
(1) menilai dan melaksanakan kerja sama internasional secara intensif dengan institusi mitra luar negeri,
(2) menyediakan layanan untuk mahasiswa asing seperti pengurusan imigrasi, orientasi kampus, dan konsultasi akademis sejak persiapan kedatangan mereka di UPS hingga nanti menyelesaikan studi,
(3) membantu proses perkuliahan dan mahasiswa UPS yang berpartisipasi dalam program kolaborasi dengan universitas mitra di luar negeri, serta
(4) mendukung pengembangan kolaborasi untuk kuliah tamu dan penelitian asing yang akan berafiliasi dengan UPS.
Mobilitas Internasional
Universitas Pancasakti Tegal (UPS) mendorong staf akademik/non-akademik dan mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan mobilitas internasional. Saat ini UPS telah bermitra dengan lebih dari 100 lembaga di lebih dari 10 negara, oleh karena itu UPS telah membuka akses kesempatan memperoleh pengalaman internasional untuk memperluas wawasan dan membuka peluang pengembangan karier di level internasional. Untuk itu, optimalkan pengalaman internasional.
Selengkapnya
Program Mobilitas Internasional
Magang
Internship adalah sebutan lain dari magang. Internship adalah sebuah program berupa pelatihan kerja. Program ini diselenggarakan oleh sebuah lembaga atau perusahaan kepada seseorang.
Melalui program tersebut, nantinya akan dilakukan berbagai bimbingan dalam pekerjaan. Hal itu akan membuat orang tersebut memperoleh skillset atau networking di dunia pekerjaan. Kemudian, hal tersebut dapat digunakan sebagai penunjang karier di masa yang akan datang bagi orang tersebut.

Pemerintah juga sudah membuat peraturan mengenai internship. Hal-hal mengenai internship tercantum di dalam Undang-undang No. 13 Tahun 2003, mengenai Ketenagakerjaan.

Umumnya, program internship atau magang lebih identik dengan mahasiswa. Terutama bagi para mahasiswa yang sudah berada di tingkat akhir. Seperti dalam pemenuhan mata kuliah, atau sekadar mencari pengalaman sebelum bekerja.
Daftar Sekarang
Program Transfer Kredit
Program Transfer Kredit Internasional 

Program Transfer Kredit Internasional merupakan salah satu program pemerintah untuk mengakui beban kerja dan prestasi yang diperoleh mahasiswa dari suatu lembaga pendidikan tinggi ke lembaga pendidikan tinggi lainnya yang berada di luar negeri.

Di Universitas Pancasakti Tegal Peserta international Credit Transfer yang telah lolos seleksi belmawa dikti, biaya SPP nya di subsidi oleh Belmawa dikti disesuaikan dengan dana hibah yang diperoleh dan jumlah mahasiswa yang lolos seleksi. Namun apabila ada kekurangan dana untuk pembayaran SPP mahasiswa dikenakan biaya tambahan untuk membayar kekurangan tersebut.
Pendaftaran dapat dilakukan secara online, melalui website KUI dengan mendownload file pendaftaran yang ada di website KUI 

Para calon peserta diwajibkan untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, serta dijadikan satu dan dikirimkan melalui email ke ociapancasakti@gmail.com

Daftar Sekarang
Praktek Lapangan Persekolahan (PLP) Internasional
Praktek Lapangan Persekolahan (PLP) Internasional 

Pengenalan Lapangan Persekolahan Internasional yang selanjutnya disingkat PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan internasional . (Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017) 

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) adalah suatu tahapan dalam proses penyiapan guru profesional pada jenjang Program Sarjana Pendidikan, berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang. 

Program Pengenalan lapangan (PLP) diperuntukan bagi mahasiswa Program Sarjana Pendidikan.
Pendaftaran dapat dilakukan secara online, melalui website KUI (ocia.upstegal.ac.id) dengan mendownload file pendaftaran yang ada di website KUI (ocia.upstegal.ac.id). 

Para calon peserta diwajibkan untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, serta dijadikan satu dan dikirimkan melalui email ke ociapancasakti@gmail.com

Daftar Sekarang
Mobilitas Mahasiswa UPS ke Luar Negeri
Selengkapnya
Mobilitas Mahasiswa Asing ke UPS
Selengkapnya
Mobilitas Staf/Dosen UPS ke Luar Negeri
Selengkapnya
Mobilitas Staf/Dosen Asing ke UPS
Selengkapnya
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved