home / profil / identitas
Identitas
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980. Semula bernama Universitas Pancasila Tegal dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Lambang
Bentuk, arti, dan makna lambang

1. Lambang Universitas Pancasakti berbentuk segi lima yang memuat unsur:
a. Segi lima melambangkan Pancasila;
b. Tangan memegang obor melambangkan fungsi pendidikan;
c. Perisai Pancasila melambangkan nilai-nilai Pancasila sebagai jati diri Universitas;
d. Beralaskan buku terbuka dan diapit dua tangkai bulu pena sebagai lambang ilmu pengetahuan;
e. Latar belakang lambang berwarna biru laut melambangkan kedalamanilmu pengetahuan;dan
f. Dua bintang bersegi lima melambangkan kembar lima yang artinya bahwa Universitas Pancasakti merupakan salah satu dari 5 (lima) Universitas swasta yang didirikan bersama-sama di Jawa Tengah.

2. Unsur-unsur lambang mengandung makna bahwa Universitas Pancasakti merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mengabdikan diri demi tercapainya pembangunan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berfungsi sebagai pusat sumber ilmu dan kebudayaan untuk membentuk manusia yang mandiri, berupaya memajukan ilmu pengetahuan, membangun, memelihara dan mengembangkan hidup kemasyarakatan dan kebudayaan.

Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved