home / tentang tegal
Kota Tegal Bahari
Tegal (bahasa Jawa: Hanacaraka: ꦠꦼꦒꦭ꧀, Pegon تٓڮل, Hanzi: 直葛, Belanda: Tagal) adalah salah satu kota di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini pernah menjadi cikal-bakal berdirinya Korps Marinir seperti tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers, pada 15 November 1945. Kota Tegal berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Tegal di sebelah selatan dan timur. Hari jadi Kota Tegal adalah 12 April 1580.
Sekilas Tentang
Kehidupan di Kota Tegal
Kota Tegal lebih dulu dikenal dengan julukan Kota Bahari. Kota Bahari merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Hijau, Asri, Rapi, dan Indah. Bahasa Jawa Tegal  adalah salah satu dialek bahasa Jawa yang dituturkan di Kota Tegal dan sekitarnya. Tegal masuk dalam Karesidenan Pekalongan, Jawa Tengah. Tegal berbatasan langsung dengan Brebes, Pemalang, Purbalingga dan Cilacap. Letaknya dekat dengan pantai utara menjadikan mata pencaharian masyarakatnya yaitu nelayan.
Wisata dan Kuliner Kota Tegal
Kota Tegal Bahari
Kota Tegal Bahari
Kota Tegal Bahari
Kota Tegal Bahari
Kota Tegal Bahari
Kota Tegal Bahari
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved