home / Fakultas Hukum / S1 - Ilmu Hukum
S1 - Ilmu Hukum
Program Studi Sarjana S1 Ilmu Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal memiliki kompetensi mencetak Sarjana Hukum yang berintegritas, memiliki keunggulan dalam hukum acara, berwawasan global, trampil berkomunikasi bidang hukum, serta mampu memberikan saran perbaikan terhadap substansi, struktur dan budaya hukum di masyarakat.
Gabung Sekarang
S1 - Ilmu Hukum
Fakultas Hukum
Program Studi S1 - Ilmu Hukum, Program sarjana
Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal mengelola 1 (satu) Program Studi yaitu Ilmu Hukum, Berdasarkan SK BAN-PT No. 13159/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2021, Tertanggal 15 Desember 2021 Program Studi Sarjana S1 Ilmu Hukum yang saat ini sudah Terakreditasi “Unggul” 
Gelar sarjana yang diperoleh Program Studi Sarjana S1 Ilmu Hukum yang adalah Sarjana Hukum (S.H.)

Profil Lulusan:
Profil Lulusan Fakultas Hukum adalah “Sarjana Hukum yang bertaqwa, berakhlak mulia, professional, menguasai literasi hukum yang mampu menerapkan asas, teori, serta doktrin hukum dalam praktek dan berwawasan global”.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL):
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Sarjana S1 Ilmu Hukum adalah sebagai berikut:

Aspek Sikap
berjiwa dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, berakhlak mulia; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, bermoral dan beretika; berkontribusi bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; berperan aktif sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; menghargai perbedaan budaya, agama, kepercayaan, pendapat orang lain; memiliki kepekaan social, kepedulian terhadap sesama; taat hukum, disiplin; semangat kemandirian, kejuangan, kewirausahaan, dan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang hukum; dan mampu bersaing secara nasional maupun global dan berwawasan Internasonal.

Aspek Penguasaan Pengetahuan
menguasai konsep teoretis tentang tentang hukum; teoritis ciri, struktur dan teori hukum; sumber, asas, prinsip dan norma hukum; sistem dan tata hukum nasional dan sejarah perkembangannya; berpengetahuan sejarah dan aspek normatif bidang Hukum Positif Indonesia (mencakup Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, Hukum Adat, Hukum Pancasila, Hukum Dagang dan Hukum Agraria baik aspek material substansial maupun formal prosedural; berpengetahuan tentang prinsip dan langkah penyelesaian masalah, kasus hukum melalui metode penerapan dan penemuan hukum; berpengetahuan bentuk dokumen elementer hukum, opini hukum, untuk beracara, kontrak, dan yang bersifat regeling dan beschikking; metode penelitian hukum berpikir logis, sistematis; dan. menguasai konsep filsafat hukum, sosiologi hukum, dan perbandingan hukum dan memahami hukum secara kontekstual, sistemik, dan holistic.

Aspek Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif hukum berdasarkan nilai-nilai Pancasila; menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan hukum dan menyelesaikan persoalan hukum dalam masyarakat; menghasilkan karya ilmiah tulisan hukum dan publikasi karya ilmiah; dapat mengambil keputusan cepat dan tepat dalam penyelesaian persoalan hukum; memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan para praktisi hukum, birokrat, Organisasi Masyarakat, dan Lembaga Swadaya Masyarakat. bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja, melakukan supervise, evaluasi penyelesaian persoalan hukum dalam masyarakat; pembelajaran secara mandiri; dan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keaslian dan mencegah plagiasi.

Aspek Keterampilan Khusus
mampu menyusun penyelesaian kasus hukum melalui etode berfikir yuridis; berargumentasi secara teoretis tentang sumber, asas atau prinsip, dan norma hukum; ahli dalam menjalankan profesi hukum; merumuskan ide secara logis, kritis dan argumentatif; mampu menyampaikan secara lisan maupun tertulis tentang kasus hokum; menyelesaikan persoalan hukum berdasarkan nilai-nilai Pancasila; bersikap etis, adil, dan taat hukum; dan menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan menerapkan hukum.
Gelar & Sastra
S.H
Durasi Studi
8 semester
(perkiraan studi penuh waktu)
Akreditasi Nasional
Akreditasi :
Unggul
Informasi Program Studi
Peluang Karir
Hakim, Jaksa, Dosen, Instansi Pemerintahan, BUMN, Pengacara (Advokad), Notaris, Surveyor Tanah, Kepolisian, Pegawai Bank, Bagian Perencanaan dan Pengembangan Biro Hukum, dan Praktisi/Konsultan Hukum lainnya.
Pendaftaran dan Seleksi
Kelas
1) Kelas Reguler Pagi dan Reguler Sore
2) Konversi/Pindahan

Jalur
1) KIP Kuliah
2) Jalur Khusus

Pendaftaran dan Seleksi
Pendaftaran dapat dilakukan melalui  pmb.upstegal.ac.id atau dengan datang langsung ke kampus Universitas Pancasakti Tegal dengan membawa persyaratan sebagai berikut

Persyaratan :
1) Fotocopy Ijazah/Nilai rata-rata rapot STTB/STK dan UN/US/UTBK yang dilegalisir
2) Fotocopy KTP dan KK
3) Fotocopy Akte Kelahiran
4) Photo Hitam Putih 3x4 (2 Lembar)
5) Membayar biaya pendaftaran Rp. 300.000
Keunggulan
Lulusan Fakultas Hukum adalah “Sarjana Hukum yang bertaqwa, berakhlak mulia, professional, menguasai literasi hukum yang mampu menerapkan asas, teori, serta doktrin hukum dalam praktek dan berwawasan global”

Berdasarkan SK BAN-PT No. 13159/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2021, Tertanggal 15 Desember 2021 Program Studi Sarjana S1 Ilmu Hukum yang saat ini sudah Terakreditasi “Unggul” dimana se-Jawa Tengah hanya ada 2 Perguruan Tinggi salah satunya adalah Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal. Fakultas Hukum banyak melakukan Kerjasama yang diarahkan pada peningkatan kualitas pendidikan dan keilmuan sesuai dengan misi Fakultas Hukum.

Kerjasama dilaksanakan dengan berbagai instansi baik nasional maupun internasional.

Nasional antara lain :
1.  Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI)
2.  Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)
3.  Perhimpunan Advokad Indonesia (PERADI)
4.  Direktoral Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementrian Keuangan Wilayah Jawa Tengah
5.  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah
6.  Pengadilan Negeri Se Eks. Karesidenan Pekalongan
7.  Kepolisian Daerah Jawa Tengah
8.  Kejaksaan se Eks Karesidenan Pekalongan
9.  Biro Hukum Sekretariat Daerah Propinsi Jawa Tengah

Internasional antara lain :
1.  University Kuala Lumpur
2.  University Utara Malaysia
3.  Fatoni University 
4.  Universiti Kebangsaan Malaysia
5.  University Malaysia Sabah
6.  Hatyai University
7.  Prince of Songkla University
8.  LAw Faculty of Moscow City University

Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal meraih Juara 1 Pengelola Vicon Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Fakultas Hukum se-Indonesia.
Berita
Tetap terhubung dengan berita dan informasi terbaru tentang berbagai aktivitas di Universitas Pancasakti Tegal.
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved