S1 Teknik Sipil
Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.
Gabung Sekarang
S1 Teknik Sipil
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Program Studi S1 Teknik Sipil, Program sarjana
Seorang lulusan teknik sipil perlu menguasai ilmu terkait desain (saat melakukan perancangan), konsturksi (saat melakukan pembangunan dan menyusun sistem pengelolaan), hingga pemeliharaan lingkungan (saat melihat dampak pembangunan dari berbagai aspek).

Jenis bangunan yang dimaksud di sini meliputi banyak hal, seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, bandara, stasiun, komplek perumahan, serta beragam fasilitas umum lainnya. Oleh karena itu, pilihan topik penelitiannya juga sangat beragam, seperti jembatan dan bantaran sungai/tepi laut, desain jalan, teknologi untuk melindungi manusia dari bencana seperti; banjir dan gempa bumi, serta konservasi lingkungan di suatu wilayah.
Gelar & Sastra
S.T. - Sarjana Teknik (S1)
Durasi Studi
8 semester
(perkiraan studi penuh waktu)
Akreditasi Nasional
Akreditasi :
Baik (BAN PT)
Informasi Program Studi
Peluang Karir
Pegawai Bank (Account Officer), Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate, Konsultan Properti, Sales Perusahaan Konstruksi, Surveyor Tanah, Dosen, Kontraktor, Auditor,Peneliti, Bartender, Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC), System Analyst
Pendaftaran dan Seleksi
Kelas
1) Kelas Reguler Pagi dan Reguler Sore
2) Konversi/Pindahan

Jalur
1) KIP Kuliah
2) Jalur Khusus

Pendaftaran dan Seleksi
Pendaftaran dapat dilakukan melalui  pmb.upstegal.ac.id atau dengan datang langsung ke kampus Universitas Pancasakti Tegal dengan membawa persyaratan sebagai berikut

Persyaratan :
1) Fotocopy Ijazah/Nilai rata-rata rapot STTB/STK dan UN/US/UTBK yang dilegalisir
2) Fotocopy KTP dan KK
3) Fotocopy Akte Kelahiran
4) Photo Hitam Putih 3x4 (2 Lembar)
5) Membayar biaya pendaftaran Rp. 300.000
Keunggulan
1. Peluang kerja lulusan Teknik Sipil sangat luas terutama di negara sedang berkembang seperti Indonesia yang sedang melakukan pengembangan infrastruktur.2. Sarjana Teknik Sipil juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk memperkuat divisi pengembangan bangunan. 3. Perusahaan juga membutuhkan lulusan Teknik Sipil untuk melakukan rekayasa bangunan. 4. Lulusan Teknik Sipil juga bisa lho menciptakan lapangan pekerjaan dengan cara membuka kantor konsultan perencana bangunan atau dengan membuka perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) maupun perusahaan pengembang (developer). 5. Salah satu nilai tambah bagi lulusan Teknik Sipil ialah mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Karena tangan-tangan dingin Sarjana Teknik Sipil turut ambil bagian dalam pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan hingga bandara.
Berita
Tetap terhubung dengan berita dan informasi terbaru tentang berbagai aktivitas di Universitas Pancasakti Tegal.
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved