home / riset / penelitian
Penelitian
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980. Semula bernama Universitas Pancasila Tegal dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Pusat Studi
Diartikan sebagai titik poin yang menjadi tempat tujuan yang menarik bagi banyak orang untuk menuju tempat tersebut. Menurut KBBI studi adalah pembelajaran, kajian ilmiah, Studi gempa bumi dalam pengertian proyek tersebut merujuk pada kegiatan pembelajaran dan pendidikan.
Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis
Pembentukan Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis dilandasi oleh keprihatinan terhadap perkembangan ilmu dan sistem ekonomi dan bisnis di Indonesia. Dalam beberapa dekade belakangan ini, perkembangan ilmu dan sistem ekonomi dan bisnis di Indonesia tidak hanya semakin jauh dari cita-cita proklamasi, tetapi juga semakin meminggirkan rakyat dalam proses penyelenggaraan ekonomi.


Tujuan pendirian Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis adalah untuk melaksanakan kajian-kajian serius dalam bidang teori dan praktis ekonomi Indonesia, baik yang bersifat induktif-empiris maupun deduktif-logis. Kajian-kajian melalui pendekatan multidisiplin tersebut dijalankan dengan mengacu langsung pada dasar filsafat dan ideologi nasional. Rumusan tentang cita-cita bangsa Indonesia seperti tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu “melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

Mekanisme operasional untuk mewujudkan cita-cita tersebut terumuskan dalam Pasal 33 ayat 1, 2, dan 3, UUD 1945. Pasal-pasal ini sesungguhnya merupakan upaya perjuangan untuk memperbaiki kondisi ekonomi rakyat dan untuk mengoreksi struktur ekonomi Indonesia dari ekonomi kolonial menjadi ekonomi nasional. Kegiatan utama Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis adalah melakukan penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan pengembangan sistem Ekonomi dan Bisnis di berbagai tempat di  Indonesia. Hasil-hasil penelitian dan kajian tersebut sebagian besar diterbitkan dalam bentuk buku dan artikel ilmiah.

 
Pusat Kajian Lembaga Konsultasi dan Bnatuan Hukum (LKBH)
LKBH Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal didirikan oleh beberapa aktivis mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal (FH UPS) dan di dukung oleh beberapa dosen yang memiliki komitmen terhadap penegakan hukum (law enforcement) di tanah air, khususnya “access to justice” bagi warga masyarakat yang kurang mampu baik secara ekonomi, sosial maupun politik serta warga masyarakat yang terpinggirkan.

 
Pusat Studi Teknik dan Pengembangan Desa
Pusat Studi Teknik dan Pengembangan Desa


Untuk memunculkan hasil temuan yang dapat menjadi rekomendasi kebijakan dan pengembangan studi pembangunan,  melakukan proses fasilitasi kepada masyarakat desa agar berdaya dan mandiri, Pendampingan dilakukan sebagai upaya untuk membantu desa semakin inovatif dalam memanfaatkan potensinya,serta sebagai sarana untuk mengembangkan kajian terbaru mengenai pembangunan desa.

Pusat Studi Hukum, Humaniora dan Pancasila
Pusat Studi Hukum, Humaniora dan Pancasila

Dalam rangkai meningkat kemampuan lulusan - lulusan Universitas Pancasakti Tegal, khususnya lulusan dari Fakultas  Hukum  dalam bidang hukum, humaniora dan Pancasila  maka didirikanlah Pusat Studi Hukum, Humaniora dan Pancasila UPS Tegal. 
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
PENGERTIAN Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah forum yang dibentuk oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Studi di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia untuk memfasilitasi calon mahasiswa Indonesia untuk belajar dan berkembang swrta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari dalam perkuliahan kepada masyarakat luas.

Tujuan PKM bagi mahasiswa antara lain meningkatkan kreativitas, meningkatkan kemampuan menulis dan menyampaikan serta mengungkapkan gagasan, memperoleh pengalaman, pengakuan, dan pembentukan pengetahuan atau relasi. Manfaat terbesar yaitu menjadi lulusan yang unggul, berdaya saing, adaptif, fleksibel, produktif dan berdaya saing dengan kepribadian Pancasila, sehingga dapat membantu membangun Indonesia atau daerah setempat melalui ide-ide kreatifnya.  Dalam membuat PKM, yang harus dilakukan siswa jika tidak memiliki ide kreatif dapat membuat ATM (amati, tiru, dan modifikasi). Ide-ide PKM tidak perlu berbelit-belit, sederhana saja, tergantung isu global yang sedang terjadi saat ini dan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas serta mengedepankan kearifan lokal. Bentuk kegiatan PKM Dilihat dari bentuk atau jenisnya, secara garis besar, PKM dikelompokan menjadi tiga, yaitu:  1. PKM 5 Bidang terdiri dari PKM-R, PKM-K, PKM-PM, PKM-PI, dan PKM-KC.  2. PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).  3. PKM-AI dan PKM-GT Untuk jenis PKM, topik tidak dibatasi tetapi sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian.


Pendaftaran PKM
Berkolaborasi Untuk Inovasi
Lorem id ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ac nisi, sit quis sed nunc. Non venenatis, curabitur imperdiet ultricies eget. Odio arcu, scelerisque auctor quis potenti malesuada. Habitant enim sed eu eget. Purus quam diam pulvinar pretium, pretium ut non.
Logo UPS
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dengan harapan dapat menjadi Benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Keresidenan Pekalongan.
Informasi Kontak
Alamat
01, Jl. Halmahera No.KM, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121
Kontak
Telp : +62 2833 51082
Email : Info@upstegal.ac.id
Sosial Media
© 2022 Universitas Pancasakti Tegal. All Rights Reserved